Selasa 25 Jul 2023 17:43 WIB

PAN: Erick Mampu Tingkatkan Suara Prabowo di Seluruh Indonesia

Erick Thohir memiliki basis suara besar di Sumatra dan sejumlah provinsi di Jawa.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).
Foto: Dok Laily Rachev/Biro Pers Sekre
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menanggapi pernyataan elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memberikan jaminan peningkatan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur jika Prabowo Subianto menggandeng Abdul Muhaimin Iskandar. Adapun Yandri juga mengatakan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir juga adalah sosok yang dapat meningkatkan suara Prabowo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ia sendiri mengeklaim, Erick memiliki basis suara yang besar di Sumatra dan sejumlah provinsi di Jawa. Elektabilitas dan tingkat keterkenalannya di publik juga sangat tinggi ketimbang nama-nama lainnya.

Baca Juga

"Kalau Erick Thohir, insya Allah, (peningkatan suara) dari seluruh Indonesia. Karena survei itu kan dari seluruh Indonesia respondennya itu kan bukan hanya Jawa Tengah, Jawa Timur," ujar Yandri saat ditemui di ruangannya, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Ia juga menilai adanya kode keras dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memasangkan Prabowo dengan Erick. Namun, PAN sendiri sadar, Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra telah berkoalisi dengan PKB.

 

Partai Gerindra dan PKB sendiri menyerahkan kewenangan terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) kepada kedua ketua umum tersebut. PAN akan mencoba berkomunikasi dengan Abdul Muhaimin Iskandar untuk mencari titik temu memasangkan Prabowo dengan Erick.

"Karena Cak Imin juga sebagai kandidat cawapres, kita hormati kan. Kemudian PAN kan juga punya cawapres Pak Erick Thohir, ya dalam diskusi-diskusi itu ya dalam rangka mencari titik temu, nah itu yang belum ada titik temunya sampai sekarang kan," ujar Yandri.

Erick dipandangnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi bagi bakal capres yang ingin meminangnya menjadi cawapres. Menteri BUMN itu punya tingkat keterkenalan di publik yang sangat tinggi di kalangan generasi muda, pengusaha, hingga masyarakat kalangan bawah.

"Makanya haqqul yakin siapa pun yang meminang Erick Thohir dia menang di Pilpres 2024," ujar Yandri mengatakannya dengan yakin.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda menilai tepat ketika Partai Gerindra menjalin koalisi dengan pihaknya. Sebab, PKB dapat meningkatkan suara Prabowo Subianto di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Pilpres 2024.

Ia berkaca pada Pilpres 2014 dan 2019, di mana Prabowo selalu keok melawan Jokowi di dua provinsi tersebut. Dengan hadirnya Muhaimin di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), ia yakin adanya peningkatan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Gus Imin punya rumah yang namanya Jawa Timur dan sebagian dari Jawa Tengah. Kenapa konfigurasi Jawa Tengah saya sampaikan? Karena konfigurasi politiknya itu PDIP menang besar lalu disusul oleh PKB, lalu jauh banget konfigurasinya baru partai-partai lain lain," ujar Huda di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

"Di situlah kira-kira PKB akan berkontribusi kuat bagi kemenangan pilpres Jawa Timur dan Jawa Tengah," sambungnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement