Senin 24 Jul 2023 23:10 WIB

Talenta Berbakat Bermunculan di Festival Film Bulanan Lokus 6  

Karya Sineas lokal disebut terus mengalami peningkatan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Proses syuting film (ilustrasi). Karya Sineas lokal disebut terus mengalami peningkatan
Foto: www.freepik.com
Proses syuting film (ilustrasi). Karya Sineas lokal disebut terus mengalami peningkatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dua Film Terpilih Festival Film Bulanan Lokus 6 sudah resmi diumumkan. Film Terpilih pertama diraih oleh film berjudul ‘Setelah Kita Menangis’ karya Sutradara Fani Atma Wijaya asal Palembang dan Film Terpilih kedua diraih oleh film ‘Pabaruak’ karya Sutradara Indah Septy Elliyani asal Batusangkar, Sumatra Barat.

Salah satu tim kurator yang juga selaku Senior Business Development Manager of IDN Media, Rahma Guntari mengapresiasi karya para peserta.

Baca Juga

“Lokus 6 ini bagus-bagus dan lebih prepare dari semua sisi. Dari segi cerita seperti gagasan, storytelling, dan voice-nya sudah prepare dengan baik. Beberapa film juga seperti sudah tahu mau dibawa untuk ke ajang festival luar negeri”, ujar Rahma. 

Untuk kedua Film Terpilih sendiri, Rahma berpendapat, film-film yang terpilih adalah film nan dapat dinikmati. 

“Kedua film ini enak dinikmati. Bagus dua-duanya. Ide ceritanya tergambarkan dari visualnya sendiri. Baik itu dari narasinya, estetikanya, dan storytelling-nya,” ucap Rahma. 

Satu suara dengan Rahma Guntari, kurator Mohamad Ariansah yang juga sebagai Dosen Film dan Televisi serta Resensator Film menyampaikan lokus 6 ini lumayan oke dan jauh lebih baik dibandingkan lokus sebelumnya.

“Jauh dibandingkan sama bulan lalu. Kalau nyari film untuk dibawa ke luar negeri, dari lokus ini lumayan oke,” ujar Ale (sapaan akrab Mohamad Ariansah) 

Menurut Ale, cara penyampaian ceritanya (storytelling-nya) canggih. “Aku suka Pabaruak. Level storytellingnya sudah bukan lagi masuk ke fisik tapi metafor dan ironi gitu. Buat aku canggih cara penyampaian ceritanya,” tutur Ale. 

Sementara untuk film ‘Setelah Kita Menangis’, Ale mengungkapkan tim produksi memiliki kekuatan di pengadeganan. 

"Kesadaran bagaimana di dalam visual bukan hanya bicara kekuatan tentang kamera saja, kekuatan editing saja, tapi koreografi pemain di setting sedemikian rupa dan relasi antar karakternya baik”, ungkap Ale. 

Sutradara dan Penulis Skenario, Rahabi Mandra, yang di Festival Film Bulanan ini juga sebagai kurator menyatakan kedua film ini memiliki keunggulan tersendiri. 

Dia mengatakan, mereka (kedua Film Terpilih) memiliki kaidah-kaidah visual dan penggunaan audio yang baik. Lalu bagaimana mereka mencoba men-challenge secara teknis tentang pembuatan film bahwa ada perspektif, kita bisa main foreground, main tengah, main background, itu bisa dimainkan lagi. 

“Bahwa stage itu bukan cuma tentang editing doang tapi ada staging an action itu bisa lebar. Kemudian men-challenge lagi bahwa kita bisa menggunakan binatang, itu enggak mudah juga untuk men-direct binatang. Jadi capaian-capaian ini hanya bisa dihasilkan dengan konsistensi dan komitmen yang tinggi. Saya rasa mereka melakukan itu dengan baik,” jelas Abi.

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada tim produksi film ‘Setelah Kita Menangis’ dan ‘Pabaruak’ karena sudah menghasilkan karya luar biasa.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada kedua Film Terpilih Festival Film Bulanan lokus 6. Bangga sama kreator film pendek tanah air yang sudah menghasilkan karya yang baik dan disiapkan untuk dibawa ke kancah internasional. Ini menjadi bukti bahwa pelaku kreatif kita punya bakat yang luar biasa dan bisa mendunia,” kata Sandiaga Uno, Senin (24/7/2023) dalam keterangannya.

Sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bagi kedua Film Terpilih akan mendapat sertifikat, suvenir, kesempatan mengikuti workshop perfilman, dan menjadi nominasi di malam penganugerahan Festival Film Bulanan yang diselenggarakan pada Desember.

Selain itu, sebagai bagian dari eksibisi, akan ada penayangan poster digital di sejumlah area Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan penayangan film di acara ‘Sinema Keliling’, bioskop maupun media Over The Top (OTT).

Sandiaga Uno juga mengimbau para sineas yang berada di Kalimantan agar mempersiapkan diri karena pendaftaran Lokus 7 akan dibuka pada 2 Agustus mendatang.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement