Senin 24 Jul 2023 15:40 WIB

Elektabilitas Capres: Ganjar Unggul Sepanjang 2022, Prabowo Melesat pada 2023

Elektabilitas Prabowo saat ini mengungguli Ganjar dan Anies.

Kader Partai Gerindra saat mengikuti kegiatan Konsolidasi Kader Partai Gerindra Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Ahad (23/7/2023). Kegiatan tersebut merupakan agenda konsolidasi kader partai Gerindra di wilayah Jakarta Selatan untuk membahas terkait strategi pemenangan partai pada pemilu legislatif maupun Prabowo sebagai calon Presiden pada pilpres 2024 di Jabodebek.
Foto:

Ketua DPP PDIP, Aria Bima pernah menilai, elektabilitas Prabowo Subianto sejauh ini masih datang dari dua segmen eksternal. Yaitu, suara pendukung Anies Baswedan dan suara pendukung Joko Widodo.

"Yang cukup signifikan mendongkrak suaranya. Saya melihat, positioning Prabowo masih dua, dia mendapatkan suara dari pendukung Anies, dan dia mendapatkan suara dari pendukung Jokowi," kata Aria, Rabu (12/7/2023).

Ia merasa, ada inkonsistensi karena tipologi DNA dari dua pendukung ini berbeda. Sedangkan, positioning Ganjar Pranowo konsisten dari PDIP, dari platform ideologis, platform sosial, dan ada kecenderungan itu linier.

Apalagi, Aria mengingatkan, dalam semua simulasi pasangan Ganjar selalu naik atau cenderung naik. Artinya, penerimaan masyarakat jauh lebih luas untuk Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo lebih sebagai variabel tunggal.

"Waktu masih delapan bulan, saya melihat tipikal Ganjar selain lebih mudah bernavigasi, memiliki mobilitas jauh lebih tinggi," ujar Aria.

Maka itu, ia mengungkapkan, sampai hari ini PDIP sebenarnya masih mendorong keterkenalan atau tingkat popularitas Ganjar agar semakin naik. Targetnya, tingkat keterkenalan Ganjar mendekati 100 persen.

Setelah itu, Aria menekankan, barulah PDIP akan bergerak mempopulerkan Ganjar sebagai capres 2024. Ia melihat, ketertarikan akan berdampak ke tingkat popularitas dan tingkat keterkenalan Ganjar yang semakin naik.

"Sekaligus, mempromosikan dan menjelaskan ke publik kalau dia capres karena sampai hari ini masih jadi Gubernur Jawa Tengah," kata Aria.

In Picture: Jokowi Ajak Prabowo dan Erick ke Pabrik Pindad di Malang

photo
 

 

Adapun, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP, Adian Napitupulu menegaskan dukungan Presiden Jokowi adalah untuk Ganjar Pranowo. Namun, ia menyadari tidak mungkin Jokowi menyatakan dukungannya secara terang-terangan.

Jokowi sebagai kader PDIP tentu iku kebijakan yang diputuskan oleh partai. Dalam hal ini mengusung Ganjar sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024.

"Dia (Jokowi) tahu bagaimana berjalan bersama-sama di PDI Perjuangan, dalam banyak kesempatan di mana dia jadi wali kota dua periode, gubernur, kemudian presiden," ujar Adian lewat keterangannya dikutip Senin (24/7/2023).

Jika masa kampanye sudah dimulai, ia yakin Jokowi akan ikut mengkampanyekan Ganjar sesuai dengan mekanismenya. Termasuk mengikutsertakan Gibran Rakabuming Raka yang sudah didaulat menjadi salah satu juru kampanye Ganjar.

Adian juga mengomentari kerap dikaitkannya kedekatan Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menurutnya, kedekatan tersebut bentuk hubungan presiden dan pembantunya, bukan sebuah dukungan untuk Pilpres 2024.

"Ya, dia dekat dengan menterinya, bahwa dengan menteri dia harus selalu dekat, iya, dong. Masa sama menteri jauh-jauhan, tetapi tidak dalam kapasitas sebagai capres," ujar Adian.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan bahwa Ganjar adalah sosok penerus kepemimpinan Jokowi. Gubernur Jawa Tengah itu merupakan hasil dari proses dalam menyelami batin dan alam pikir Jokowi.

"Publik meyakini hanya Mas Ganjar Pranowo-lah sosok capres yang layak meneruskan kepemimpinan nasional setelah Presiden Jokowi demisioner pada Oktober 2024 nanti," ujar Said.

"Mas Ganjar dalam memahami seni kepemimpinan model Presiden Jokowi inilah yang tidak bisa ditiru oleh capres lain," sambung Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu.

 

 

photo
Ke mana Jokowi berlabuh? - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement