Ahad 23 Jul 2023 15:19 WIB

Kapuspen TNI Beberkan 3 Potensi Perang Antara RI dan Negara Lain   

Perebutan sumber daya alam bisa menjadi pemicu perang

Rep: Febrianto Adi Saputro / Red: Nashih Nashrullah
KRI Celurit-641 menembakan rudal C-705 ke target sasaran di perairan Natuna, Kepulauan Riau (ilustrasi). Perebutan sumber daya alam bisa menjadi pemicu perang.
Foto:

Dia pun mengingatkan bahwa penguatan militer bertujuan untuk mewujudkan kedamaian di Tanah Air sejalan dengan peribahasa latin 'si vis pacem, para bellum' yang berarti 'jika mau damai, bersiaplah untuk berperang'. 

Di sisi lain, Julius menyebut perang Rusia versus Ukraina terjadi karena berkaitan dengan ideologi kesatuan, kedaulatan berdasarkan sejarah konstitusi, dan pengakuan atas dasar superioritas ras atau suku.

"Konflik Rusia vs Ukraina dilihat dari berbagai sisi, tidak melihat aspek militer semata namun juga aspek lainnya seperti diplomasi, siber, ekonomi, dan informasi sehingga membuat buku ini menarik untuk dibaca," ujarnya. 

Julius menambahkan, buku 'Perang Rusia vs Ukrania, Perspektif Intelijen Strategis Medio September 2022' itu akan diluncurkan pada 25 Juli 2023. Dia berharap buku tersebut dibaca oleh kalangan militer dan masyarakat umum. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement