Ahad 23 Jul 2023 09:40 WIB

Jokowi: Generasi Terbaik Lahir Dari Zaman yang Beri Ruang Perkembangan Anak

Anak harus diberi pendidikan terbaik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erdy Nasrul
Seorang anak menunjukan ikan hasil tangkapan saat tradisi Bukak Teteg Cueran di Demakijo, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang anak menunjukan ikan hasil tangkapan saat tradisi Bukak Teteg Cueran di Demakijo, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, sebuah generasi terbaik bangsa akan selalu lahir dari zaman yang memberikan ruang bagi anak-anak. Sehingga anak-anak bisa bertumbuh bebas, menjadi cerdas, dan ceria.

Hal ini disampaikannya dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap tanggal 23 Juli.

Baca Juga

"Generasi terbaik bangsa selalu lahir dari zaman yang memberi tempat yang lapang bagi setiap anak untuk bertumbuh bebas, cerdas, dan ceria," kata Jokowi dikutip dari akun Instagram resmi miliknya pada Ahad (23/7/2023).

Jokowi menegaskan, perlindungan dan kesempatan bagi anak untuk berkembang adalah pertaruhan masa depan bangsa.

 

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan berbagai permasalahan anak seperti kekerasan, perundungan, dan pernikahan dini masih menjadi permasalahan bagi Indonesia. Padahal, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan bagaimana anak-anak berkembang.

"Indonesia pada tahun 2045 menjadi tahun keemasan ketika anak-anak yang sekarang kita persiapkan menjadi pemimpin bangsa di kemudian hari," lanjut Pramono dalam pernyataannya yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Kabinet RI.

Tema peringatan Hari Anak Nasional pada tahun ini adalah anak terlindungi, Indonesia maju. Pramono pun mengajak seluruh masyarakat agar menggalakkan perlindungan kepada anak-anak.

Selain itu, anak-anak juga harus mendapatkan kesempatan seluas mungkin agar bisa menjadi pemimpin masa depan.

"Mari kita galakkan perlindungan kepada anak-anak dan kita berikan kesempatan seluas mungkin untuk anak-anak kita menjadi pemimpin di kemudian hari," kata Pramono.

Ia pun berpesan kepada anak-anak agar bermimpi setinggi mungkin dan berupaya untuk meraih mimpi tersebut.

"Selamat hari anak dan secara khusus saya memberikan pesan kepada anak-anak kita mimpilah setinggi langit dan raihlah mimpi itu, masa depan bangsa ini ada di pundakmu. Selamat hari anak," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement