Kamis 20 Jul 2023 11:11 WIB

Cemarkan Gereja dan Adat Jawa, Pemilik Pernikahan Anjing Minta Maaf

Valentina dan Indira minta maaf gelar pernikahan anjing mewah telan dana Rp 200 juta.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Pernikahan anjing, Luna dan Jojo diberkati Pasto Lorenzo Heli dari Gereja Santo Fransiskus Asisi Paroki Tebet.
Foto: @nenaghoib
Pernikahan anjing, Luna dan Jojo diberkati Pasto Lorenzo Heli dari Gereja Santo Fransiskus Asisi Paroki Tebet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik anjing berjenis Alaskan Malamute, Jojo dan Luna, akhirnya buka suara mengenai viralnya pernikahan hewan peliharaannya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jumat (14/7/2023). Kegiatan itu memicu kontroversi karena diadakan secara mewah menggunakan adat Jawa dan diberkati pastor.

Alhasil, pernikahan anjing menggunakan adat Jawa itu menuai protes dari berbagai kalangan. Paguyuban Panatacara Yogyakarta (PPY) dan Persatuan Pambiwara Indonesia (Pepari) termasuk yang mengkritik acara itu hingga mendesak pelaku pernikahan anjing meminta maaf ke publik.

Baca Juga

Pemilik Jojo dan Luna, Valentina Chandra dan Indira Ratnasari, melayangkan permohonan maaf atas viralnya pernikahan anjing yang dikatakan menghabiskan budget hingga Rp 200 juta itu. Gelaran pernikahan super mewah dinilai membuat kegaduhan dari berbagai pihak dan bahkan dianggap mencemarkan nama baik gereja dan adat Jawa.

Pernikahan anjing juga dianggap menjelaskan ironi bagi rakyat Indonesia dengan ketimpangan kemiskinan yang mendalam. Terlebih dengan jabatan pemilik Indira atau kerap disapa Nena Ghoib sebagai tim staf khusus kepresidenan RI.

"Kami sangat menyesal dan memohon maaf sebesar-besarnya kepada para pegiat budaya Jawa dan seluruh masyarakat Indonesia, yang kurang berkenan dan tersakiti dengan acara pernikahan Jojo dan Luna," kata Nena dan Valen dalam konferensi pers di Jakarta Selatan pada Rabu (19/7/2023).

Para pemilik anjing tersebut mengaku tidak memiliki niat melecehkan atau tidak menghargai budaya Indonesia, terutama budaya Jawa. Di sisi lain, keduanya juga meminta maaf mengenai pemberkatan Katolik yang dilakukan pada pernikahan anjing.

"Kami sangat berterima kasih juga karena telah diingatkan kembali untuk lebih memahami budaya tersebut, dan kami berjanji untuk ke depannya tidak akan mengulangi lagi dan akan menjadi pembelajaran kami ke depankan," kata Nena dan Valen.

"Kami juga mohon maaf sebesar-besarnya keuskupan Agung Jakarta dan seluruh umat Katolik untuk berita pemberkatan hewan peliharaan, yang disalahartikan oleh masyarakat sebenarnya yang terjadi hanyalah pet blessing atau pemberkatan hewan yang seperti biasa dilakukan oleh gereja di tanggal 4 Oktober untuk memperingati St Fransiskus Asisi," ucap Nena dan Valen.

Belakangan viral di media sosial pernikahan mewah sepasang anjing betina dan jantan yang bernama Jojo dan Luna, yang mengusung tradisi adat Jawa. Pernikahan tersebut digelar mewah menelan dana hingga Rp 200 juta.

Nama Nena kemudian disorot karena tidak asing dan memiliki ribuan pengikut di Instagram. Pekerjaan Nena juga dikuliti warganet di medsos. Dalam bio Instagram-nya, Nena menuliskan jika dirinya merupakan salah satu tim staf khusus kepresidenan.

Dikecam Ki Abeje...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement