Selasa 18 Jul 2023 14:53 WIB

PDIP Susun Daftar Bakal Cagub DKI Jakarta, Gibran Salah Satunya

Selain Gibran ada nama Risma yang masuk dalam daftar bacagub DKI Jakarta dari PDIP

Rep: Eva Rianti/ Red: Karta Raharja Ucu
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. PDIP menyusun nama kader yang akan diusung menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta, salah satunya adalah Gibran.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. PDIP menyusun nama kader yang akan diusung menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta, salah satunya adalah Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, masuk dalam daftar bakal calon gubernur DKI Jakarta 2024. Sekretaris DPD PDIP DPRD DKI Gembong Warsono menyebut, Gibran bukan satu-satunya kader PDIP yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Ada juga nama mantan wali kota Surabaya yang saat ini menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharani. "Selama ini kita diskusi-diskusi internal sudah banyak yang kita diskusikan siapa sosok yang paling tepat kita calonkan di Jakarta," kata Gembong, Selasa (18/7/2023).

Gembong menyebut, PDIP melakukan evaluasi terhadap sejumlah kepala daerah yang dinilai kinerjanya baik dan membawa kemajuan bagi daerah yang dipimpinnya. Hal itu menjadi pertimbangan utama bagi PDIP untuk mengusung DKI 1.

"Pokoknya kepala daerah yang kita anggap mampu membawa daerahnya lebih baik. Misalkan Mas Gibran. Salah satu prestasi yang menonjol dari Mas Gibran bagi kami adalah Gibran mampu membangun kesinambungan pemerintahan dari pemerintah sebelumnya dengan sekarang yang dijalankan Gibran dengan memodifikasi kekurangan-kekurangan yang dilakukan oleh sebelumnya," jelas dia.

Selain Gibran, nama lainnya yang masuk radar bakal cagub DKI 2024 yang diusung oleh PDIP adalah Wali Kota Semarang periode 2013-2022, Hendrar Prihadi. Hendrar diketahui dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Oktober 2022 yang lalu.

"Kita menilai bahwa Mas Hendi (Hendrar Prihadi) mampu membawa Semarang menjadi lebih baik. Contoh sederhana Semarang bisa dilihat secara visual dengan baik, jadi Mas Hendi kalau mau lihat RT 1 RW 1 Kelurahan A dia tidak perlu datang ke sana karena aplikasi sudah bisa melihat itu karena setiap RT minimal dua CCTV terpasang di Semarang," tutur dia.

Sejumlah nama calon lainnya ... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement