Sabtu 15 Jul 2023 14:07 WIB

Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Digital Marketing di KWT Almina Ciawi

Tim PKM Universitas BSI latih Kelompok Wanita Tani sosialisasi website ecommerce

Tim PKM Universitas BSI latih Kelompok Wanita Tani Al Mina Ciawi dengan tema sosialisasi website ecommerce
Foto: dok Universitas BSI
Tim PKM Universitas BSI latih Kelompok Wanita Tani Al Mina Ciawi dengan tema sosialisasi website ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dosen dan Mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berkolaborasi dengan Dosen Universitas Multimedia Nusantara telah melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang merupakan aktualisasi dari kegiatan IPTEK dari perolehan Hibah yang didapatkan dari Direktorat Jendral perguruan Tinggi Riset dan Teknologi melalui tema Sosialisasi Website E-Commerce. 

Kegiatan tersebut terdiri dari anggota kelompok yang diketuai oleh Dosen Universitas BSI yaitu Dwi Andini Putri, Ratna Marginingsih serta berkolaborasi dengan Dosen Universitas Multimedia Nusantara yaitu Dinar Ajeng Kristiyanti. 

Acara dilaksanakan di Sekretariat KWT AL-Mina Desa Ciawi, di Kp. Ciawi Tipar RT 01 RW 04 no 32 Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, pada Sabtu (8/7/23). Kegiatan PKM tersebut juga dilakukan secara hybrid bagi beberapa Anggota yang berhalangan hadir ke lokasi, namun tetap bisa mengikuti agenda sosialisasi tersebut.

Acara tersebut didukung dan dihadiri secara oleh Kepala Desa Ciawi dan para Anggota KWT Al-Mina sebanyak 18 Orang, selain itu kegiatan ini juga melibatkan beberapa Mahasiswa semester 4 dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) dan program studi Teknologi Informasi Universitas BSI.  

Ratna Marginingsih selaku anggota tim PKM dari Universitas BSI menjelaskan tujuan PKM ini adalah untuk memberikan peningkatan dan keterampilan digital marketing kepada Kelompok Wanita tani Al-Mina Desa Ciawi Bogor.

“PKM ini bertujuan untuk memberikan peningkatan dan keterampilan digital marketing terhadap kelompok masyarakat binaan yaitu Kelompok Wanita tani Al-Mina Desa Ciawi Bogor,” jelas Ratna dalam keterangan tertulis Kamis, (13/7/23). 

Sementara itu,  Dwi Andini Putri selaku ketua kelompok Hibah sekaligus narasumber dari Universitas BSI menjelaskan materi terkait  dengan sosialisasi website yang telah dibangun agar dapat digunakan oleh Mitra binaan KWT Al Mina Desa Ciawi. 

“Pembuatan website dilakukan dalam upaya untuk dapat memasarkan hasil tanam sayuran dan hasil ternak agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga banyak masyarakat yang sadar dan lebih mengenal hasil produk mitra untuk meningkatakan kesejahteraan mitra KWT AL Mina,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Nana Sumarna berterima kasih dan berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat memperkuat bidang Inovasi Mitra KWT Almina dalam bidang Teknologi Informasi. 

“Terima kasih banyak kepada Universitas BSI dan Universitas Multimedia Nusantara dengan adanya kegiatan PKM dan telah dibuatkannya website E-Commerce dapat memperkuat bidang Inovasi Mitra KWT Almina dalam bidang Teknologi Informasi yang sebelumnya belum pernah ada,” tandasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement