Rabu 12 Jul 2023 17:29 WIB

Dirayakan di Jakarta dan Papua, Dekopin Ingin Jadikan Hari Koperasi Istimewa

Dekopin berharap masyarakat semakin menguatkan koperasi sebagai soko guru ekonomi.

Ketua Dekopin Sri Untari Bisowarno
Foto: Dekopin
Ketua Dekopin Sri Untari Bisowarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) merayakan hari jadi koperasi ke-76 di dua tempat. Pertama di Jakarta pada Rabu (12/7/2023), kedua di Papua pada akhir Juli.

“Sengaja kami gelar di dua tempat dengan maksud menyebarluaskan nilai dan semangat koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional dari barat hingg timur Indonesia,” kata Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Sri Untari Bisowarno di Jakarta pada Rabu (12/7/2023)

Baca Juga

Dekopin merupakan perhimpunan yang konsisten menyemarakkan hari koperasi. Instansi tersebut juga menumbuhkan dan mengembangkan koperasi di berbagai daerah.

Sebagai wadah Gerakan Koperasi di Indonesia, jelas Sri Untari, Dekopin setiap tahun selalu memperingati Hari Koperasi Indonesia pada tanggal 12 Juli. Dimana pada tanggal tersebut juga merupakan hari lahirnya Dekopin, yang mengacu pada Kongres pertama Koperasi Indonesia tahun 1947 di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 

"Dalam merayakannya seluruh insan Koperasi Indonesia selalu dengan khidmat sederhana dan gotong royong, baik ditingkat pusat maupun tingkat wilayah dan daerah," kata Sri Untari.

Beragam acara rangkaian kegiatan Hari Koperasi Indonesia ke 76 ini antara lain, Acara Puncak Peringatan, HARKOP EXPO, Festival Budaya Nusantara, Seminar Nasional, Kuliah Umum Perkoperasian, Rakernas Dekopin, Peluncuran Program Aksi dan berbagai acara lainnya. 

"Tema Hari Koperasi Indonesia ke 76 yakni Mewujudkan Cita-cita Keadilan Sosial Melalui Koperasi Modern dengan tagline Koperasi Kuat, Rakyat Berdaulat, Indonesia Hebat,… Ayo Berkoperasi!," kata Sri Untari.

Rangkaian Harkop ke 76 tahun 2023 ini dilaksanakan di dua kota, mulai tanggal  11 - 15 Juli 2023 (Rabu – Sabtu), di DKI Jakarta. Diawali dengan acara Ziarah Makam Bung Hatta, di Pemakaman Tanah Kusir Jakarta. Acara Puncak Peringatan & Penghargaan : Gedung Tenis Indoor Senayan. Rakernas & Seminar Nasional : Hotel Atlet Century Park Senayan dan Harkop Expo 76 di Senayan Park.

Kemudian, pada 26 - 30 Juli 2023 (Rabu – Sabtu), di Jayapura, Papua, Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-76 dipusatkan di Gedung Istora Bangkit. Dengan rangkaian acara Festival Budaya Nusantara, Harkop Expo : Area Parkir Gedung Istora Bangkit, Seminar Nasional & Kuliah Umum di Kampus Universitas Cendrawasih, Peluncuran Program Aksi Dekopin di Gedung istora Bangkit. Acara ditutup dengan Malam Gemerlap Musik di  Area Parkir Gedung Istora Bangkit.

Perayaan Harkop setiap tahunnya, jelas Sri Untari, selain mengenang sejarah dan membangun masa depan Koperasi Indonesia dan membangkitkan kesadaran bangsa akan pentingnya koperasi dalam sistem perekonomian nasional untuk mewujudkan keadilan sosial, juga menjadi momentum kebangkitan koperasi untuk beradaptasi dengan perubahan jaman melalui Koperasi yang modern.

"Ini juga menjadi titik tolak keterlibatan gerakan koperasi dalam permasalahan dan masa depan bangsa di bidang pangan, energi terbarukan dan lingkungan," tutup Sri Untari.

Acara dihadiri Prof Sri Ediswasono, gubernur jateng ganjar pranowo, ketua DPD Fadel Muhammad.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement