Selasa 11 Jul 2023 16:45 WIB

Berkat MRT Jakarta, Plaza Blok M Ramai Pengunjung

Ramainya pengunjung di Plaza Blok M karena mudahnya akses transportasi umum.

Rep: Mgrol149/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung Plaza Blok M Mall di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2023).
Foto: Republika.co.id/Mgrol149
Pengunjung Plaza Blok M Mall di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plaza Blok M merupakan salah satu pusat perbelanjaan legendaris yang pernah berjaya pada era 1990-an hingga 2000-an. Pusat perbelanjaan tersebut sempat masuk jajaran mal elite di Jakarta. Selain menjadi mal modern, dulunya tempat ini juga dijadikan tempat nongkrong oleh anak muda tahun 90an.

Namun, masa kejayaan Plaza Blok M sempat redup selama masa pembangunan MRT Jakarta. Sempat bangkit sebentar setelah MRT Jakarta beroperasi pada 2019, mal tersebut kembali sepi pengunjung lantaran pandemi Covid-19 datang. Beruntung, masa pandemi Covid-19 sudah berlalu.

Kini, ketika aktivitas dan mobilitas masyarakat normal, pengunjung Plaza Blok M Mall juga menggeliat. Pusat perbelanjaan tersebut ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, dari anak muda hingga orang tua.

Satu keunggulan yang tidak dimiliki pusat perbelanjaan lain, yaitu mempunya akses langsung dengan Stasiun MRT Blok M. Penumpang MRT Jakarta yang turun di Stasiun Blok M bisa langsung tersambung masuk ke Plaza Blok M.

Pantauan Republika.co.id di lokasi pada Selasa (11/7/2023), mal tersebut memang dijubeli pengunjung lantaran memiliki fasilitas lengkap. Selain banyak variasi tempat berkegiatan bagi anak muda, mulai bioskop, tempat karaoke, supermarket, dan restoran, juga ada tenant yang menjual baju untuk kelompok dewasa.

Pengelola tempat belanja juga menyediakan setop kontak di beberapa sudut mal. Hal itu semakin membuat pengunjung betah berkeliling.

Penjaga pakaian anak-anak, Intan mengaku, senang karena Plaza Blok M kini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Dia merasakan sendiri jumlah kunjungan meningkat drastis sejak pemerintah menyatakan pandemi Covid-19 sudah berlalu.

"Seneng dong Mas, kan beberapa tahun belakangan mal ini sempet ada sepi tuh, saya sempet khawatir juga waktu itu," ujar Intan saat diwawancarai di Plaza Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (11/07/2023).

Salah seorang pengunjung, Randi jika ramainya pengunjung di Plaza Blok M karena mudahnya akses transportasi umum di sekitarnya. Apalagi, transportasi yang tersambung ke Blok menyediakan banyak rute bagi bus Transjakarta dan MRT Jakarta. Kemudahan itu yang membuat banyak masyarakat senang jika berkunjung ke Plaza Blok M.

"Karena saya kesini menggunakan MRT ya Mas, jadi saya beranggapan bahwa tempat ini juga kembali ramai karena adanya akses dari transportasi umum yang langsung menuju mal tersebut, lagi juga di sekitar sini banyak tempat-tempat nongkrong juga," ujar Randi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement