Selasa 11 Jul 2023 06:54 WIB

Republika.co.id Raih Penghargaan Kasad Award 2023 Kategori 'Menekan Stunting'

Kasad Award 2023 diberikan kepada media yang beri perhatian kepada isu strategis.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Nora Azizah
Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji menunjukan piala usai menerima KASAD Award di Mabes AD, Jakarta, Senin (10/7/2023). Republika berhasil Memperoleh KASAD Award 2023 media nasional Ketergori Menekan Stunting. KASAD Award wujud merupakan apresiasi KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada pers nasional, pers daerah dan pers kampus yang turut merawat kebangsaan melalui pemberitaan di platform digital.
Foto:

Sebanyak 10 media nasional, 10 media daerah, dan empat media kampus berhasil menjadi pemenang penghargaan tersebut. Proses penyaringan pemenang ini dilakukan setelah dewan juri melakukan penyaringan terhadap tiga juta artikel yang masuk.

Adapun 10 kategori yang dilombakan dalam Kasad Award 2023, antara lain:

1. Keberagaman dan Toleransi

2. Melawan Radikalisme

3. Pengarusutamaan Gender

4. Inovasi Digital

5. Solidaritas Internasional

6. TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat

7. Pembangunan di Daerah 3T

8. Perlindungan Anak

9. Menekan Stunting

10. Pelestarian Kebudayaan

 

Sebagai informasi, ada 3 juta lebih artikel dari 221 media yang disaring dalam penghargaan ini. Panitia Kasad Award kemudian menyaring lagi berdasarkan nama-nama perusahaan media yang terverifikasi di Dewan Pers, kecuali media kampus, dan jumlah pemberitaan sesuai kategori tadi. Selanjutnya, tercatat 72 media yang masuk tahap final dengan 2.030 naskah yang dinilai oleh dewan juri.

Dewan juri Kasad Award terdiri atas tujuh tokoh yang mumpuni di bidang masing-masing. Mereka adalah Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu yang juga sebagai Ketua Dewan Juri Kasad Award, Kadispenad Brigadir Jenderal Hamim Tohari, peneliti komunikasi Effendi Gazali, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Ismail Hasani, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, dan dua perwakilan perusahaan media, yakni Arif Zulkifli dari Tempo dan Sonya Hellen Sinombor dari Kompas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement