Sabtu 08 Jul 2023 13:25 WIB

Asah Bakat, Ciptakan Konten Bermanfaat Cuan Didapat

Konten kreator berperan penting dalam dunia pemasaran untuk saat ini.

Meizahra Khaerani Zulnisa, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) Universitas BSI.
Foto: Dok. Universitas BSI
Meizahra Khaerani Zulnisa, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) Universitas BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Meizahra Khaerani Zulnisa, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D3) Universitas BSI

JAKARTA -- Konten Kreator merupakan orang yang aktif membuat konten dan menyebarkannya melalui berbagai platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Mereka memiliki peran penting dalam dunia pemasaran saat ini dan dianggap sebagai penggerak Content Marketing.

Baca Juga

Untuk menjadi konten kreator yang sukses, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

1. Audiens di Platform 

Pelajari audiens di platform yang ingin kamu jalani. Pahami preferensi dan keinginan audiens agar kamu dapat membuat konten yang menarik dan mempertahankan jumlah penonton.

2. Kreativitas 

Kembangkan kreativitas dan buat konten yang kreatif serta berkualitas. Variasikan konten agar tidak monoton dan tunjukkan keorisinilan dalam setiap konten yang kamu buat. Hindari menjiplak konten orang lain dan tampilkan dirimu dengan keaslian yang sesungguhnya.

3. Update Tren 

Tetap update dengan tren dan perkembangan industri yang kamu jalani. Pantau tren terbaru dan cari konten yang relevan untuk tetap terkini dan menarik bagi audiens.

4. Menulis 

Latihan menulis untuk menciptakan ide-ide baru dan meningkatkan kreativitas. Tuliskan ide-ide yang kamu miliki agar tidak terlupakan dan memudahkan proses pembuatan konten.

5. Kolaborasi 

Kolaborasi dengan konten kreator lain untuk menambah massa penonton dan mendapatkan wawasan baru dalam pembuatan konten.

6. Kritik dan Saran 

Mintalah kritik dan saran untuk mengembangkan konten. Dengarkan pendapat dari orang terdekat dan konten kreator lain untuk mengetahui kekurangan dan meningkatkan kualitas konten yang kamu buat.

7. Buat konten sebagai solusi bagi audiens 

Letakkan audiens di atas segalanya dan buat konten yang memberikan solusi atau manfaat bagi mereka. Hindari menjadi penggurui dan fokuslah pada membantu audiens.

 

Selain itu, terdapat beberapa skill yang harus dimiliki seorang konten kreator:

1. Keterampilan 

Fotografi dan videografi untuk menghasilkan konten visual yang menarik.

2. Penguasaan tools 

Memliki penguasaan tools pendukung seperti kamera, tripod, microphone, dan aplikasi edit video untuk mengoptimalkan kualitas konten.

3. Memahami strategi SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari dan memaksimalkan pemasaran digital.

4. Mampu mengoperasikan analytics tools 

Mengoperasikan analytics tools untuk memantau dan mengevaluasi performa konten yang diunggah.

 

Menjadi konten kreator yang sukses, penting untuk menghasilkan konten yang mendidik dan bermanfaat bagi orang lain. Jangan tergoda untuk mencari popularitas dengan cara yang tidak etis, karena eksistensi yang cepat akan redup dengan cepat pula. Selalu belajar dan serap ilmu dari konten kreator lain untuk mengembangkan diri dan konten yang kamu buat.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak terjadi secara instan, tetapi dengan konsistensi dan usaha yang terus menerus, kamu bisa menjadi pembuat konten yang hebat. Jangan takut untuk berproses dari nol dan terus menjelajahi kemampuanmu. Semoga sukses!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement