Kamis 06 Jul 2023 16:36 WIB

Koalisi Pengusung Ganjar Kerahkan Caleg untuk Raih Kemenangan

PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura rutin menggelar pertemuan bahas strategi kemenangan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi menyambut kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah tim pemenangan Ganjar Pranowo.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi menyambut kedatangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah tim pemenangan Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura merumuskan strategi pemenangan untuk Ganjar Pranowo di Rumah Aspirasi dan Kantor Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP), Kamis (6/7/2023).

Salah satu strategi yang diterapkan adalah mengerahkan calon legislatif (caeg) untuk mensosialisasikan Ganjar. "Betul, karena kita berasal dari partai dengan segmen yang saling melengkapi. PPP memiliki basis Islam, kemudian secara kultural juga punya kerja sama yang baik dengan PDI Perjuangan," ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023).

Dia menambahkan, Perindo juga memiliki basis massa di kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sedangkan Partai Hanura memiliki sejarah yang panjang dalam kerja samanya dengan partai berlambang kepala banteng itu. Hasto menyebut, pertemuan partai koalisi itu diagendakan secara rutin dengan jadwal yang sudah disepakati.

"Sehingga selalu dilakukan monitoring. Bagaimana pergerakan di tengah rakyat, bagaimana narasi kepemimpinan dari Pak Ganjar Pranowo yang merupakan kesatupaduan dari Presiden Jokowi di dalam membangun kemajuan. Komponennya (strategi) untuk mendapatkan dukungan lebih besar dari 50 persen plus satu dari rakyat," ucap Hasto.

Di lokasi yang sama, Sekjen DPP PPP, Arwani Thomafi mengatakan, Ganjar merupakan sosok yang berkomitmen melanjutkan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ditambah, sambung dia, partai berlambang Ka'bah tersebut memandang Ganjar  sebagai sosok sederhana yang dekat dengan rakyat.

"Indonesia akan terus membutuhkan tokoh-tokoh yang punya kecepatan yang lebih di dalam memberikan ikshtiar membangun bangsa ini. Indonesia juga akan lebih butuh sosok yang sederhana, dekat dengan rakyat," ujar Arwani.

"Mau blusukan bersama-sama merasakan denyut nadi rakyat di daerah-daerah dan ini ada pada sosok Ganjar Pranowo," ucap Arwani menambahkan.

Saat ini, mesin politik PPP sudah bergerak untuk mensosialisasikan Ganjar di berbagai wilayah. Dalam pertemuan itu, Arwani mengungkapkan, dirumuskan juga kerja sama dan strategi keempat partai politik untuk menghadapi pemilihan legislatif.

"Pada prinsipnya partai-partai politik dalam posisi siap melaksanakan kerja sama tidak hanya dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo di pilpres, tetapi juga kita membangun kerja sama sukses di dalam pemilu legislatif di dalam Pemilu 2024," ujar Arwani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement