Rabu 05 Jul 2023 20:35 WIB

Pengunjung Blok M Square Resah Harus Bayar Parkir Dua Kali

Pengunjung yang naik kendaraan harus bayar parkir dobel di kawasan Blok M Square.

Rep: Mgrol149/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung resah dengan juru parkir liar di kawasan Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Foto: Republika.co.id/Mgrol149
Pengunjung resah dengan juru parkir liar di kawasan Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di beberapa kanal media sosial (medsos) tentang keluhan pengunjung yang harus membayar biaya parkir dua kali di kawasan Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Padahal, sesuai aturan, harusnya pengunjung yang membawa sepeda motor maupun mobil hanya dikenakan tarif parkir sekali ketika keluar.

Sayangnya, pengunjung Blok M Square dikenakan tarif dua kali ketika harus parkir di depan toko. Tiba-tiba saja ketika sudah naik kendaraan untuk beranjak pergi, biasanya datang tukang parkir yang meminta sejumlah uang.

Seorang pengunjung Indra, misalnya, mengaku, merasa resah dengan adanya juru parkir di area Blok M Square. "Resah si Mas, ya walaupun bayarnya cuma Rp 2.000 berasa juga, belum lagi bayar parkir yang pake tiketnya," ujar Indra saat ditemui Republika.co.id di lokasi pada Rabu (5/7/2023).

Indra menyadari, masih banyak pengunjung yang kebingungan tentang sistem parkir yang ada di kawasan Blok M Square. Sebab saat ingin keluar, beberapa pengunjung masih dimintai uang oleh juru parkir resmi. Padahal, ia sebelumnya sudah membayar kepada juru parkir yang selalu berjaga di sekitar kendaraan.

Dari pantauan di lokasi, memang ada 'juru parkir tidak resmi' yang tersebar di beberapa titik di kawasan Blok M Square. Mereka menggunakan seragam oranye yang di bagian belakang seragamnya tertulis "Juru Parkir". Hanya saja, tidak diketahui apakah operasional para juru parkir itu sepengetahuan pengelola Blok M Square atau beroperasi secara pribadi.

Ilham (22 tahun), pengunjung yang datang menggunakan transportasi umum sempat juga kesal dengan beberapa pengendara yang masih mau memberi uang kepada juru parkir liar. Padahal, seharusnya mereka juga bisa tegas kalau harus membayar tarif parkir ketika ingin keluar.

Ilham pun menyarankan agar pengunjung yang membawa kendaraan bisa parkir di area basement agar tidak keluar uang dua kali. "Kadang sebel juga si Mas sama orang yang begitu, kan mereka juga udah tau ya di situ ada juru parkirnya, tapi kenapa masih ada aja yang parkir di situ. Padahal kan masih ada parkiran basement yang gak harus bayar dua kali," ujarnya.

Entah terkait video yang viral, kini terpasang banner bertuliskan "Bayar Parkir Hanya 1X". Pengumuman itu tersebar di beberapa titik kawasan Blok M Square.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement