Senin 03 Jul 2023 23:17 WIB

Survei LSJ: Elektabilitas Prabowo Masih di Atas Ganjar dan Anies

Survei LSJ juga temukan Erick Thohir menjadi cawapres paling cocok untuk Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Foto: dok pribadi
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas calon presiden (Capres) jelang Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei LSJ, elektabilitas Prabowo Subianto masih menjadi yang teratas dibanding dua kompetitornya Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh tiga Capres, yakni Prabowo, Ganjar dan Anies, hasilnya sebanyak 40,3 persen responden menegaskan pilihannya pada Prabowo," ujar peneliti senior LSJ Fetra Ardianto, Senin (3/7).

Baca Juga

Sementara responden yang memilih Ganjar sebanyak 32,6 persen dan Anies sebanyak 20,7 persen. Sedangkan responden yang menyatakan belum punya pilihan sebanyak 6,4 persen. Fetra melanjutkan, berdasarkan simulasi secara head to head Prabowo juga masih unggul jauh di atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Ketika responden ditanya siapa yang akan dipilih jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar, sebanyak 52,4 persen memilih Prabowo, lalu 38,5 persen memilih Ganjar dan sisanya 9,1 persen mengaku belum punya pilihan. Sedangkan jika head to head dengan Anies, Menhan Prabowo unggul 56,2 persen berbanding 36,8 persen, sementara 7 persen responden masih belum bisa memilih salah satu diantara keduanya.

Salah satu pertanyaan yang juga diajukan LSJ dalam survei kali ini adalah tentang siapa cawapres yang paling cocok mendampingi Prabowo, Ganjar dan Anies. Hasilnya, menurut penilaian responden, Erick Thohir dan Mahfud MD adalah yang paling cocok menjadi cawapres pendamping Prabowo. Sebanyak 19,5 persen responden menilai Erick Thohir sebagai sosok yang paling tepat menjadi cawapres Prabowo, sedangkan Mahfud MD dinilai cocok oleh 14,3 persen responden.  

"Erick Thohir dinilai cocok menjadi cawapres Prabowo mengingat keduanya dapat merepresentasikan kombinasi ideal capres-cawapres untuk Indonesia masa depan, yakni representasi Jawa-Non Jawa, Militer-Sipil, dan Tua-Muda. Erick Juga dikenal sangat dekat Presiden Jokowi seperti halnya Prabowo, sehingga pasangan Prabowo-Erick jika terpilih akan memastikan kelanjutan pemerintahan Jokowi," jelasnya. 

Mahfud MD dan Erick Thohir juga dikenal dengan NU, sebuah komunitas dimana dukungan elektoralnya sangat dibutuhkan oleh Prabowo. Sementara itu nama Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil dinilai responden sebagai tokoh yang paling tepat menjadi cawapres pendamping Ganjar. Sedangkan untuk Anies Baswedan, sosok yang dinilai responden paling tepat mendampingi  mantan  Gubernur DKI itu adalah Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement