Senin 03 Jul 2023 18:24 WIB

Prof Ucu Cahyana Dorong Gagasan UNJ Menuju Universitas yang Berkelanjutan

Prof Ucu Cahyana menawarkan konsep TRUST untuk tata kelola UNJ

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Guru besar Universitas Negeri Jakarta Prof Ucu Cahyana menawarkan konsep TRUST untuk tata kelola UNJ
Foto: Dok Istimewa
Guru besar Universitas Negeri Jakarta Prof Ucu Cahyana menawarkan konsep TRUST untuk tata kelola UNJ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ucu Cahyana, membeberkan gagasannya agar UNJ menjadi Sustainable University. 

Gagasan ini disampaikan Ucu yang terpilih sebagai salah satu calon rektor UNJ Periode 2023–2027, pada 23 Juni 2023 lalu bersama dua kandidat lainnya.    

Baca Juga

Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, Ucu mengusung kerangka strategis yang terfokus pada prinsip TRUST (Transformasi, Reputasi, Unggul, Sinergi dan Terintegrasi).

Menurut dia, rektor sebagai pimpinan universitas memiliki peranan signifikan dalam pengembangan UNJ yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia masa depan. 

“TRUST disusun berdasarkan hasil analisis situasi UNJ, kemudian dikembangkan menjadi program-program unggulan yang disampaikan dalam program kerja calon Rektor periode 2023-2027,” jelas Ucu, dalam keterangannya, Senin (3/7/2023).  

Lebih lanjut Ucu menjelaskan, salah satu konsep penting dalam mengembangkan perguruan tinggi masa depan adalah framework Sustainable University. 

Dia menjelaskan, Sustainable University merupakan sebuah landasan dalam aspek pengembangan pendidikan tinggi yang terfokus pada pendidikan yang unggul, internasionalisasi, teknologi, akses, budaya penelitian, lingkungan, dan partisipasi masyarakat. 

Hal ini dapat dicapai melalui efektivitas kepemimpinan yang kuat, organisasi yang akuntabel, dan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.

Dia menyebut, dalam kurun waktu 2023-2027 sebagai periode awal Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), UNJ akan mengalami masa transisi penting menjadi PTNBH sehingga harus melakukan proses transformasi secara menyeluruh dalam berbagai aspek.

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

 

Transformasi tersebut, menurut Ucu, mencakup lima hal yaitu Transformasi Organisasi dan Keuangan, Transformasi Tridharma, Transformasi Sumber Daya Manusia, Transformasi Income Generating, dan Transformasi Konektivitas Internasional. 

Selanjutnya dalam proses Transformasi tersebut didukung dengan program pengembangan Reputasi dan Keunggulan UNJ. 

Menurut dia, program pengembangan Reputasi meliputi program membangun Branding Identity dan Reputasi UNJ di level global, sedangkan program pengembangan keunggulan meliputi program membangun pusat keunggulan UNJ dan menghasilkan lulusan yang berkarakter, unggul, dan berdaya saing global. 

“Program Transformasi, Reputasi, dan Unggul akan berhasil dengan baik, apabila didukung oleh program yang Sinergi dan Terintegrasi antarberbagai unit yang ada di UNJ serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang kuat dan terpadu,” kata Prof Ucu yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNJ ini. Kerangka strategis tersebut oleh Prof Ucu dinamakan Konsep UNJ-TRUST untuk mengantarkan UNJ menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang Sustainable University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement