Sabtu 01 Jul 2023 11:17 WIB

Tiket Murah, Puluhan Ribu Pengunjung Padati Ragunan

Tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan untuk dewasa Rp 4.000 dan anak-anak Rp 3.000.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Ahad (23/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Ahad (23/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur panjang Idul Adha 1444 Hijriyah menjadi momen masyarakat Ibu Kota memanfaatkannya dengan berlibur ke tempat-tempat wisata, diantaranya Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Pengelola TMR menyebut ada lonjakan pengunjung hingga puluhan ribu orang yang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

"Iya ada (lonjakan), kemarin (Kamis, 29 Juni 2023) tercatat ada 30.800-an pengunjung di Ragunan, padahal kita bukanya jam 09.00 WIB pagi ya bukan jam 07.00 WIB, tapi pengunjung kita antusiasnya cukup bagus ya tinggi sekali pagi-pagi sudah ditungguin di gerbang masuknya," kata Humas TMR Bambang Wahyudi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/6/2023).

Adapun pada Jumat, Bambang mengatakan, hingga pukul 13.00 WIB, jumlah pengunjung mencapai hingga 20 ribu orang. Operasional kebun binatang di Jakarta Selatan tersebut diketahui hingga pukul 16.00 WIB.

"Kemungkinan hari ini akan lebih ramai dibandingkan hari kemarin," tutur Bambang. Dari pantauan petugas, daerah para pengunjung didomimasi dari Jabodetabek. Namun ada pula beberapa pengunjung dari luar kota seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Pulau Sumatra.

Para pengunjung Ragunan yang datang pada momen libur panjang Idul Adha tidak dibebani harga tiket khusus. Harga tiket diberlakukan normal dan sangat terjangkau, yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Kegiatan di dalam Ragunan disebut tidak ada kekhususan pula. Para pengunjung bisa melakukan aktivitas yang rutin dilakukan, diantaranya memberikan makan untuk sejumlah hewan seperti gorila dan ikan.

Bambang melanjutkan, dengan banyaknya pengunjung yang bertandang ke Ragunan, diharapkan agar menggunakan transportasi publik. Pasalnya, seiring dengan pengunjung yang melonjak, jalanan juga semakin padat dan macet.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement