Sabtu 01 Jul 2023 05:30 WIB

Viral Konten Joget TikTok di Makkah Tuai Kecaman

Video itu telah mendapatkan views lebih dari 5,5 juta hingga Jumat (30/6/2023).

Rep: Fergi Nadira / Red: Agus Yulianto
Joget TikTok (Ilustrasi)
Foto: Tangkapan layar
Joget TikTok (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan memakai hijab berjoget TikTok diduga dilakukan di Tanah Suci Makkah. Video itu pertama kali diunggah oleh Athalia Aubry di akun TikTok @ariellalalaa_ yang telah mendapatkan views lebih dari 5,5 juta hingga Jumat (30/6/2023).

Video kemudian ramai diunggah ulang di media sosial Instagram, Twitter, Facebook dan mendapatkan kecaman warganet. Dalam video tersebut terlihat sosok perempuan memakai hijab hitam serta bercadar.

Di sebuah pelataran yang ramai dilalui orang, dia melakukan challenge joget TikTok dengan lagu "If We Ever Broke Up" menggunakan filter headset. Video tersebut diambil dari sudut bawah dengan latar lalu lalang orang-orang yang berjalan. Di beberapa kesempatan, sosok yang berjoget tersebut menabrak orang-orang yang tengah lewat.

Video tersebut diunggah tanpa menuliskan keterangan apapun. Dilansir dari berbagai sumber dari Twitter, sosok perempuan yang melakukan aksi itu adalah TikToker asal Samarinda berinisial AS.  

"Joget TikTok sampe nabrak orang plus diliatin berkali-kali. Pantes ya penceramah di sana sampe bilang jamaah dari Indonesia kebanyakan foto-foto sama joget," kata akun Twitter @tanyarlfes mengunggah isu tentang video viral tersebut.

Sementara itu, video yang diunggah Athalia Aubry sendiri telah mendapatkan lebih dari 7.600 komentar yang mengecamnya. Banyak yang mengatakan aksi tersebut tidak pantas dilakukan muslimah terlebih di Tanah Suci.

"Tabarruj ukhti," kata komentar warganet di TikTok. "Naudzubillah ya Allah jangan sampai kalau dikasih kesempatan tapi kek gitu," kata komentar lain.

"Kok aku yang malu, ya," kata komentar lain. "Jamaah dari Indonesia yang kena imbasnya," timpal komentar lain.

"Jauh-jauh untuk buat VT joget," kata komentar lain geram. "Mungkin saja di TKW di sana, bukan naik haji," kata komentar lain bernada menenangkan.

 

 

 

 

sumber:

Tiktok  @ariellalalaa_

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement