Jumat 30 Jun 2023 09:25 WIB

JLS Tulungagung-Trenggalek Dibuka Selama Libur Sekolah dan Idul Adha

Pembukaan jalur lintas selatan diharap mendongkar pariwisata.

Foto udara jalur selatan Jawa. (Ilustrasi)
Foto: ADENG BUSTOMI/ANTARA
Foto udara jalur selatan Jawa. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG--Jalur lintas selatan (JLS) Pulau Jawa yang menghubungkan Kabupaten Tulungagung dengan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, kembali dibuka selama libur sekolah dan Idul Adha. Pembukaan dilakukan terhitung mulai 26 Juni hingga 16 Juli 2023.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pansela Jatim Balai besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali, Kementerian PUPR Andhika Tommy Ardiansyah, mengatakan pembukaan ruas jalan nasional tersebut menindaklanjuti permintaan tertulis resmi yang diajukan Pemkab Trenggalek.

Baca Juga

"Pembukaan akses JLS ini masih sementara, belum permanen. Ini sesuai permintaan yang diajukan Setda Trenggalek," ujarnya, Kamis (29/6/2023).

Pembukaan JLS Tulungagung-Trenggalek ini tertuang dalam surat resmi yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga, Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional Jatim-Bali Nomor BM 0302-Bb8/908 tertanggal 28 Juni 2023. Ada dua persyaratan tertulis dalam surat resmi yang dikeluarkan BBPJN Jatim-Bali tersebut.

Pertama, Pemkab Trenggalek diwajibkan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga/masyarakat agar tidak berdagang ataupun berkerumun di sekitar ruas jalan pesisir Prigi hingga batas wilayah Kabupaten Tulungagung, Pantai Klathak dan Brumbun.

Konsekuensi dari ketentuan itu, Pemkab Trenggalek melalui perangkatnya juga diharuskan melakukan penertiban bangunan milik masyarakat yang berdiri di ruang wilayah milik jalan nasional (JLS) mulai Pantai Prigi-batas wilayah Tulungagung-Pantai Klathak dan Brumbun.

Kedua, Pemkab Trenggalek diminta aktif memberikan imbauan kepada masyarakat pengguna akses JLS tersebut untuk ikut serta menjaga dan memelihara kebersihan, keamanan, ketertiban serta keindahan jalan nasional. "Kami berharap pembukaan akses JLS ini bisa ikut membantu dalam upaya mendongkrak pariwisata serta perekonomian masyarakat sekitar," ujar Tomi.

Pembukaan akses JLS itu sendiri mendapat sambutan antusias masyarakat Trenggalek maupun Tulungagung. Hal itu karena akses mereka menuju sejumlah destinasi wisata di kawasan pesisir Teluk Prigi yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek hingga ke Teluk Popoh yang ada di Kabupaten Tulungagung, semakin mudah dan efisien.

Mengacu pembukaan akses JLS pada libur Lebaran lalu, selain akses lebih mudah dan dekat, banyak warga yang menikmati pemandangan laut serta pesisir dari beberapa spot ketinggian bukit yang ada di kanan-kiri jalur lintas selatan di ruas jalur Prigi hingga Pantai Brumbun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement