Kamis 29 Jun 2023 14:16 WIB

Momen Prabowo Sholat Idul Adha di Bandung, Disambut Jamaah dengan Antusias

Prabowo Subianto disambut secara antusias oleh jamaah

Rep: Wahyu Suryana / Red: Nashih Nashrullah
Menhan Prabowo Subianto sholat Idul Adha  di Lapangan Mandalamukti, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (29/6/2023).
Foto: Dok Istimewa
Menhan Prabowo Subianto sholat Idul Adha di Lapangan Mandalamukti, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan sholat Idul Adha  di Lapangan Mandalamukti, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (29/6/2023).

Prabowo datang bersama Dedi Mulyadi dan mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

Prabowo datang sekitar pukul 06.45 WIB. Dia lalu masuk ke dalam stadion tempat sholat Idul Adha  diselenggarakan.

Riuh teriakan jamaah yang sudah hadir sejak pagi. Emak-emak dengan jelas menunjukkan dukungan pada Prabowo agar bisa menjadi Presiden RI tahun 2024 mendatang.

 

Selepas itu, Prabowo kemudian duduk di shaf terdepan. Dia khusyuk mengikuti shoat Idul Adha  yang diimami oleh Ketua MUI Desa Mandalamukti, Ahmad Gunawan dan khatibnya Ketua MUI KBB, Muhammad Ridwan.

Usai sholat, Prabowo menyempatkan diri bersalaman dengan ratusan jamaah yang hadir. Dia tak menolak kala diajak foto bersama oleh emak-emak yang terus mengelu-elukan namanya.

Di sepanjang jalan dari Lapangan Mandalamukti menuju ke kendaraannya, Prabowo menyempatkan diri membagi-bagikan kaos untuk masyarakat yang berderet di sepanjang jalan.

Prabowo mengatakan kalau alasannya melaksanakan sholat Idul Adha  di Lapangan Mandalamukti, yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan karena banyak teman dan pendukungnya.

"Ya saya sholat di sini karena di sini kebetulan banyak teman, kawan, dan pendukung," kata Prabowo kepada wartawan.

Undangan yang diterimanya itu, kata Prabowo, ditindaklanjutinya dengan datang langsung ke lokasi tersebut. "Ya karena ada undangan itu, akhirnya saya menyempatkan datang ke sini," ujar Prabowo.

Ibadah sholat tersebut diimami Haji Dadan Sadeli. Usai shalat, khatib Kiai Muhammad Ridwan membacakan doa yang menyentuh untuk kedua orang tua, dan doa ampunan atas segala dosa yang banyaknya tidak terhitung.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Dia menegaskan, kita semua yang hidup hari ini tidak mungkin mampu tanpa ada jasa, perjuangan, keringat dan air mata ayah dan bunda yang meleleh. Maka itu, jangan sampai kita melupakan jasa-jasa besar kedua orang tua.

"Bahkan, bercucur darah ibunda ketika melahirkan kami," kata Ridwan melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (29/6).

Ridwan mengajak jamaah-jamaah agar selalu ingat kalau kita belum bisa membalas jasa-jasa kedua orang tua, bahkan takkan mampu membalasnya. Karenanya, ia menekankan, penting bagi kita senantiasa meminta ampunan.

"Ampunilah putramu yang selalu menyusahkan, merepotkan, bahkan menjengkelkan. Ampunilah anakmu yang tak tahu membalas budi. Ya Allah Ya Rahman Yang Maha Pemurah," ujar Ridwan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement