Selasa 27 Jun 2023 18:06 WIB

Kenali Trend Digital Marketing Saat Ini

Bisnis harus tetap mengikuti trend terbaru untuk tetap relevan dan efektif.

Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) mengatakan, perkembangan teknologi yang terjadi membuat trend digital marketing terpengaruhi.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) mengatakan, perkembangan teknologi yang terjadi membuat trend digital marketing terpengaruhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital marketing terus berkembang seiring dengan perubahan teknologi dan perilaku konsumen. Dalam era digital yang semakin maju, bisnis harus tetap mengikuti trend terbaru untuk tetap relevan dan efektif dalam mencapai target.

Trend digital marketing saat ini mencakup berbagai aspek, mulai dari penggunaan platform media sosial hingga implementasi kecerdasan buatan. Apa saja yang menjadi trend digital marketing saat ini? 

Baca Juga

Maruloh, selaku Kepala Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) mengatakan, perkembangan teknologi yang terjadi membuat trend digital marketing terpengaruhi. “Sedikit saja kita tertinggal, maka akan sulit mengejarnya. Sekarang perubahannya terjadi begitu cepat, ada teknologi terbarukan, semua bidang akan terpengaruhi,” kata Maruloh, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

 

Berikut trend digital marketing, menurut Maruloh selaku kepala bagian NEC:

1. Mobile first marketing

Dengan semakin banyaknya penggunaan smartphone, strategi pemasaran yang dioptimalkan untuk pengalaman mobile menjadi sangat penting. Mobile first marketing berfokus pada pengembangan konten, desain, dan strategi pemasaran yang memprioritaskan pengalaman pengguna di perangkat mobile.

2. Interactive content

Konten interaktif melibatkan audiens secara aktif dan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam pengalaman pemasaran. Ini termasuk kuis online, polling, video interaktif, dan permainan yang memicu keterlibatan dan meningkatkan tingkat konversi.

3. Influencer marketing

Influencer marketing melibatkan kerja sama dengan individu atau tokoh populer yang memiliki pengaruh besar di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Melalui endorsemen dan konten yang autentik, influencer dapat mencapai audiens yang relevan dan membangun kepercayaan dengan merek.

 

4. Video marketing...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement