Rabu 21 Jun 2023 20:14 WIB

Bakal Berangkat Haji Bareng Anies? Ini Jawaban Puan

Puan mengaku tak masalah jika bertemu dengan Anies selama berhaji.

Rep: C02/ Red: Teguh Firmansyah
Puan Maharani.
Foto: Republika/Alfian
Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN–Ketua DPP PDIP Puan Maharani beri tanggapan soal kemungkinan ia berangkat ke Tanah Suci berbarengan dengan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan. 

Seperti diketahui, Anies dikabarkan bakal terbang ke Tanah Suci besok pada 22 Juni 2023. Sedangkan Puan juga dikabarkan akan melakukan haji juga pada tahun ini. 

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Puan membenarkan bahwa ia akan berangkat ke Makkah, Arab Saudi untuk menunaikan rukun islam kelima. "(Naik haji dengan Pak Anies?) Naik hajinya iya, berangkatnya belum tahu (bersamaan atau tidak)," kata Puan, Rabu (21/6/2023). 

Sekali lagi Puan menegaskan dirinya tak tahu-menahu apakah jadwal keberangkatannya dengan Anies berbarengan. "Insya Allah akan berangkat naik haji tapi apakah bersama atau tidak saya tidak tahu," katanya. 

Disinggung apabila nanti dirinya bertemu dengan Anies? Puan mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sebab menurutnya bertemu dengan siapa pun itu tidak masalah. "(Kalau bertemu?) Ya boleh saja, gada masalah ketemu dengan siapa saja," katanya. 

Di sisi lain, Anies yang dikabarkan menunaikan ibadah hari ke Tanah Suci akan mempengaruhi pengumuman cawapresnya untuk Pilpres 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, pengumuman akan dilakukan sebelum berangkat jika Anies naik haji. Hal itu agar ketika di Tanah Suci bisa dipanjatkan doa kemenangan.

"Kalau saja Pak Anies Baswedan tahun ini menjalankan ibadah haji, maka pengumuman capres-cawapres tepat dilakukan sebelum keberangkatan," kata Andi, Selasa (20/6).

Sebelumnya, Anies Baswedan memang dikabarkan akan menunaikan ibadah haji pada 22 Juni 2023. Bahkan, waktu keberangkatan disebut bersamaan dengan waktu keberangkatan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

Walau tidak terkait politik, pertemuan itu disambut positif masyarakat dalam rangka menebarkan kesejukan. Apalagi, pekan lalu pertemuan elit dari dua partai besar sudah terjadi saat Puan Maharani bertemu AHY.

Deputi Analisa Data dan Informasi Partai Demokrat Syahrial Nasution menyatakan, nama cawapres sudah dikantongi Anies. Ia menyebut, sudah ada satu nama yang akan dipertimbangkan Anies ketika berada di Tanah Suci. "Nama pasangan bakal capres dan cawapres yang akan diusung KPP tentu akan dibawa Mas Anies menghadap Yang Maha Kuasa ke Tanah Suci," ujar Syahrial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement