Rabu 21 Jun 2023 09:27 WIB

Pj Heru Apresiasi 13 Perusahaan di Jakarta Gunakan Air Perpipaan

Berikut daftar 13 perusahaan yang meraih Jakarta Water Hero 2023 dari PAM Jaya.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Prayogi
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi perusahaan yang menjaga lingkungan hidup dengan menggunakan air perpipaan. Apresiasi tersebut diberikan kepada 13 perusahaan dalam acara Jakarta Water Hero Award 2023 yang digelar oleh Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (20/6/2023).



"Selamat kepada para pelanggan air perpipaan Jakarta yang memperoleh penghargaan Jakarta Water Hero 2023. Semoga penghargaan ini menginspirasi kita semua untuk terus aktif dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air dengan menggunakan air perpipaan," kata Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Rabu (21/6/2023).



Menurut Heru, pelestarian air dan perlindungan keberlanjutan sumber air bersih merupakan hal yang penting. Di tengah keterbatasan sumber air di Jakarta, sambung dia, setiap elemen masyarakat perlu terlibat dalam meningkatkan kualitas sungai Jakarta. "Sehingga bisa dijadikan sumber air baku air minum dan PAM Jaya dapat mencapai 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030," kata Heru.

Dia berharap, penghargaan itu dapat memberikan semangat kepada pelanggan lainnya untuk tepat waktu dalam membayar dan mempertahankan lingkungan hidup dengan menggunakan air perpipaan.

 Hal itu juga untuk menghindari pemakaian air tanah secara ilegal.

"Saya berharap, pemberian apresiasi pelanggan Jakarta Water Hero ini menjadi motivasi bagi seluruh pemilik, pengelola gedung, serta seluruh elemen warga untuk melaksanakan langkah nyata dalam menjaga kesinambungan dan keseimbangan ekosistem air di wilayah kita," kata Heru.



Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, legislatif akan selalu mendorong PAM Jaya dapat meningkatkan pelayanan termasuk dalam penyediaan akses air bersih bagi seluruh warga Jakarta. Dia ingin pelayanan air bersih kepada masyarakat harus cepat dan tepat.



"Peran sektor swasta dalam upaya pelestarian air sangat dibutuhkan, sehingga kualitas sumber air baku di Jakarta dapat meningkat," kata politikus PDIP itu.

Prasetyo menjelaskan, sinergi antara legislatif, eksekutif, dan sektor swasta dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama kualitas sumber air harus terus berlanjut. "Dengan tersedianya sumber air baku yang layak, maka target peningkatan 100 persen cakupan pelayanan dapat terpenuhi dengan cepat," katanya.

Daftar 13 perusahaan yang menerima penghargaan:

Kategori Kepatuhan Pembayaran

- Wilayah Timur

1. PT Justus Sakti Raya


2. PT Frisian Flag Indonesia


3. PT Tunggal iIdaman Abadi



- Wilayah Barat


1. UoB Plaza @Thamrin Nine


2. Wisma Mandiri


3. Apartemen Sudirman Park



Kategori Pemanfaatan Air Perpipaan


- Wilayah Timur


1. PPK Kemayoran


2. PT Pembangunan Jaya Ancol


3. PT Kawasan Berikat Nusantara



- Wilayah Barat


1. PT Danayasa Arthatama


2. PT Senayan Trikarya Sempana


3. PPK-GBK 



Pemenang Jakarta Water Hero 2023
 adalah PT Grand Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement