Rabu 21 Jun 2023 09:15 WIB

Tips Jitu Bagi Mahasiswa Hadapi Sidang Skripsi Ala Dosen UNM

Dosen UNM kembangkan konten di media sosial seputar menghadapi sidang skripsi.

Dosen Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) buat konten seputar menghadapi sidang skripsi.
Foto: Dok. UNM
Dosen Program Studi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) buat konten seputar menghadapi sidang skripsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jordy Lasmana Putra, dosen program studi (prodi) Informatika Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) punya tips jitu bantu mahasiswa agar siap hadapi sidang skripsi. Jordy aktif sebagai konten kreator dengan fokus pada konten tips kuliah dan dunia pendidikan di media sosial.

Dalam lingkungan akademik yang kompetitif, menyusun dan menyampaikan skripsi merupakan langkah penting dalam perjalanan pendidikan seorang mahasiswa. Jordy telah mendedikasikan keahliannya dengan memperhatikan berbagai tantangan yang sering dihadapi oleh mahasiswa saat sidang skripsi. 

Baca Juga

Ia menggunakan media sosial sebagai platform untuk memberikan dukungan, informasi juga berbagai tips berguna pada mahasiswa/i di seluruh Indonesia lewat akun TikTok, Instagram dan YouTube yang dimilikinya.

“Sebagai dosen saya merasa perlu untuk memberikan motivasi, dukungan dan tips-tips bermanfaat seputar pendidikan, salah satunya konten-konten edukatif cara siap hadapi sidang skripsi,” katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, saat sidang skripsi mahasiswa acapkali gugup, bingung bahkan takut saat berhadapan dengan para dosen penguji di ruang sidang. “Lewat media sosial yang saya miliki, saya membuat serangkaian konten-konten edukatif yang dapat diakses oleh para mahasiswa melalui TikTok, Instagram, dan Youtube. Melalui konten-konten ini, ada banyak tips seputar kegiatan kuliah, rencana studi dan wawasan tentang dunia pendidikan yang bisa bermanfaat bagi mahasiswa,” kata Jordy.

Konten-konten yang dibagikan Jordy ini antara lain cara menyusun skripsi yang baik, pertanyaan-pertanyaan sidang skripsi dan bagaimana contoh cara menjawabnya dan rekomendasi judul skripsi. Selain itu, ia juga memberikan informasi tentang aspek-aspek praktis dalam dunia pendidikan, seperti mencari beasiswa, memilih jurusan yang tepat, dan merencanakan karier setelah lulus.

“Semoga dengan konten-konten ini dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai proses akademik yang dihadapi selama perjalanan kuliah,” ujarnya. 

Adanya panduan dan saran lewat konten-konten di media sosial ini, ungkapnya dapat membantu mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi sidang skripsi dan mencapai kelulusan tepat waktu.

“Dengan konten-konten ini, saya merasa bahagia dapat berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman melalui media sosial. Saya percaya dengan berbagi informasi dan pengalaman ini, saya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” katanya.

Ia pun membagikan akun media sosialnya pada mahasiswa yang ingin mengakses konten-konten edukatif atau dapat mengikuti akun TikTok, Instagram, dan Youtube-nya.

“Teman-teman mahasiswa dapat mengakses konten-konten seputar dunia kuliah dan pendidikan lewat username @jordylasmanaputra, dengan bergabung dan memanfaatkan informasi-informasi edukatif yang ada, semoga membantu dan bermanfaat,” kata Jordy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement