Selasa 13 Jun 2023 17:42 WIB

Komnas Perempuan: Isteri Sah Bukhori Yusuf Berupaya Kriminalisasi M

Komnas Perempuan sebut Isteri sah Bukhori Yusuf berupaya untuk mengkriminalisasi M.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf. Komnas Perempuan sebut Isteri sah Bukhori Yusuf berupaya untuk mengkriminalisasi M.
Foto:

Sementara proses penyelidikan di Bareskrim Polri berjalan, pada Sabtu (10/6/2023), RKD membawa tim kuasa hukumnya, melaporkan M ke Polda Metro Jaya. Dalam pelaporan itu, kuasa hukum menebalkan sangkaan pidana Pasal 220, atau Pasal 310, atau Pasal 311 KUH Pidana terhadap M.

Pengacara RKD, Mila Ayu Dewata menjelaskan, pelaporan kliennya itu terkait dengan kebohongan publik atas pelaporan M terhadap BY. Mila mengatakan, kebohongan publik tersebut berupa tudingan M yang menjadi korban KDRT. Mila menegaskan, tak ada bukti visum terjadinya KDRT yang dialami M.

Mila juga mengatakan, M bukanlah isteri kedua dari BY. Kata Mila, RKD adalah satu-satunya isteri yang sah dari BY. “Setelah kami telusuri, ternyata dia (M) bukan isteri kedua. Beliau lah (RKD) satu-satunya isteri (dari BY). Dan tidak pernah ada pernikahan kedua,” kata Mila kepada wartawan, Sabtu (10/6/2023).

Karena bukan sebagai isteri kedua, menurut Mila, tak ada alasan bagi M mengaku-mengaku dirinya sebagai madu dari RDK dan mengalami KDRT oleh BY. “Dari pengakuan sendiri oleh bapak (BY) kepada kami, dia (BY) nggak pernah merasa ada KDRT,” sambung Mila.

 

Selain itu, kata Mila, kebohongan lain yang dilakukan M menyangkut soal kehamilan, dan keguguran. Kata Mila, M menuding BY melakukan KDRT yang berujung pada keguguran. Padahal, kata Mila menjelaskan, M tak pernah menunjukkan bukti kehamilan. Pun bukti perbuatan kekerasan BY yang membuat M keguguran.

“Pemeriksaan kehamilan harus dibuktikan oleh tenaga kesehatan yang terlatih dan terdidik. Dan itu tidak pernah dibuktikan oleh beliau (M),” begitu kata Mila. Atas klaim tersebut, Mila menegaskan, RKD sebagai isteri yang sah memilih untuk memidanakan M. “Laporan ini inisiatif dari ibu (RKD), dan putri beliau,” sambung Mila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement