Selasa 13 Jun 2023 14:32 WIB

Wisata Pracima Tuin Solo Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2023

Ini menjadi pertama kalinya Solo mengikuti penghargaan Anugerah Pesona Indonesia.

Taman Pracima Tuin Solo.
Foto: Republika/Alfian
Taman Pracima Tuin Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Destinasi wisata di Solo, Jawa Tengah, yakni Pracima Tuin yang ada di dalam Pura Mangkunegaran Surakarta masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023. Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Gembong Hadi di Solo, Selasa (13/6/2023), mengatakan, tahun ini merupakan kali pertama Solo mengikuti ajang penghargaan tersebut. Selain Pracima Tuin, dikatakannya, atraksi prajurit Keraton Surakarta juga lolos untuk kategori atraksi.

"Tahun ini Solo lolos dua kategori tersebut. Kalau totalnya ada 18 kategori. Atraksi prajurit budaya keraton masuk kategori atraksi dan Pracima Tuin masuk kategori destinasi baru," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan, sebetulnya Solo mengajukan beberapa usulan, di antaranya untuk kriteria kuliner ada sate buntel dan cabuk rambak, atraksi budaya ada Wayang Orang Sriwedari dan Pracima Tuin, serta destinasi wisata baru ada Pracima Tuin. "Dari sekian yang kami ajukan lolos dua," katanya.

Ia mengatakan, dipilihnya Pracima Tuin dan atraksi prajurit keraton karena destinasi unggulan Solo yang sudah ada sejak lama adalah keraton, baik itu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat maupun Pura Mangkunegaran.

"Kebetulan yang kami ajukan dua hal ini yang menyangkut Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Kebetulanlagi dua-duanya lolos," katanya.

Ia mengatakan, untuk berhasil memperoleh penghargaan API ke-8 tersebut, penilaian yang dilakukan adalah melalui pemungutan suara baik melalui media sosial maupun YouTube. Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat memberikan dukungan melalui pemungutan suara tersebut.

Sementara itu, ia berharap dengan lolosnya dua destinasi dari Solo dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan di daerah tersebut.

"Salah satu objek wisata di Klaten, yakni Girpasang pernah masuk kriteria dan nomor satu. Setelah itu kunjungan langsung meningkat. Pengelola bisa menambah fasilitas-fasilitas yang ada di sana," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement