Sabtu 10 Jun 2023 16:30 WIB

Ketum PDIP Resmikan Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati

Sudah dua kali Megawati Soekarnoputri meresmikan kapal, sebelumnya KRI Bung Karno.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Kapal rumah sakit apung Laksamana Malahayati diresmikan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023)
Foto: Republika/Fergi Nadira
Kapal rumah sakit apung Laksamana Malahayati diresmikan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan kapal rumah sakit (RS) terapung Laksamana Malahayati di Kade Inggom Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Sabtu (10/6/2023). Dengan memecahkan kendi berisi kembang dari air sebagai simbolisasi, kapal RS tersebut siap berlayar ke sejumlah pulau di Indonesia.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati saya luncurkan," kata Megawati dalam prosesi peresmiannya di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu.

Setelah seremoni peresmian, Megawati masuk ke kapal untuk memantau dan memeriksa kelengkapan dan fasilitas di dalamnya. Di samping kapal utama yang berfungsi sebagai RS, terdapat pula kapal yang berukuran lebih kecil yang difungsikan untuk beroperasi di wilayah terpencil.

Baca: Megawati Menangis Kenang Taufiq Kiemas yang Wafat 10 Tahun Lalu

Menurut Megawati, fasilitas RS di dalam kapal sudah disiapkan untuk kelengkapan pengobatan yang akan mengarungi wilayah terpencil di pulau Indonesia. Di antaranya, ruang operasi, perawatan, pengobatan, ruang lainnya. Yang mencolok, kapal tersebut berwarna merah.

Usai memantau kapal, Megawati memberikan cenderamata kepada sejumlah menteri dan pejabat yang bekerja sama dengan PDIP dalam merealisasikan kapal RS tersebut. Di antaranya adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Turut hadir Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Kabaharkam Polri Komjen M Fadil Imran dan beberapa pejabat lainnya. Megawati kemudian berterima kasih kepada semua pihak terkait karena telah mewujudkan kerja sama gotong royong partai yang dipimpinnya untuk menjalankan misi RS apung ini

Setelah prosesi tersebut, Megawati menghitung mundur untuk melepas kapal apung berlayar. Para dokter yang tergabung dalam tim dokter kemudian muncul melambaikan tangan berpamitan untuk menjalankan misi ini. Kapal  itu akan berlayar mulai dari Jakarta menuju ke Lampung, Riau dan akan berdermaga di Aceh yaitu Pelabuhan Malahayati.

Bukan kali ini saja Megawati meresmikan kapal milik TNI AL. Sebelumnya, Megawati juga meresmikan kapal korvet Bung Karno-369 yang juga difungsikan sebagai kapal kepresidenan, yang pembuatannya dibuat di dalam negeri.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement