Kamis 08 Jun 2023 13:00 WIB

Pengunjung Masjid Sheikh Zayed Solo Melonjak, Terminal Tirtonadi Jadi Lokasi Parkir

Trafik pengunjung Masjid Syeikh Zayed mencapai 30 ribu hingga 40 ribu orang per hari.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana ribuan warga padati Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.
Foto: Republika/Alfian
Suasana ribuan warga padati Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dipadati hingga puluhan ribu pengunjung per hari selama musim haji 2023. Kebanyakan pengunjung adalah pengantar jamaah haji seusai mengantar ke Embarkasi Solo, Donohudan.

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, perlu adanya pengetatan parkir. Asisten Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Bagus Sigit Setiawan, mengatakan, lahan parkir yang telah disiapkan di Terminal Tirtonadi jadi efektif dipakai oleh para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed.

Hal ini berbeda dengan kondisi sebelumnya, di mana beberapa warga membuka parkir tak berizin di sekitar masjid. "Ini karena membeludak parkir yang disiapkan dishub jadi dipakai, yaitu Terminal Tirtonadi. Kalau di Benteng Vastenburg dan Pura Mangkunegaran terlampau jauh," katanya.

Lebih lanjut, dikatakan saat ini trafik pengunjung Masjid Syeikh Zayed mencapai jumlah 30 ribu hingga 40 ribu orang setiap harinya. Penambahan jumlah tersebut terbilang signifikan dibanding hari biasanya di mana jumlahnya 10 ribu hingga 15 ribu pengunjung.

"Setiap harinya kan ada 3-4 kabupaten kota di Jawa Tengah datang ke Embarkasi Haji. Nah, pengantarnya itu mampir ke sini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement