Selasa 06 Jun 2023 08:59 WIB

Survei Elektabilitas Anies Turun, Ini Penyebabnya Menurut Demokrat

Demokrat menilai jika jarak elektabilitas terlalu jauh sulit bagi Anies buat mengejar

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan bersama tim 8 usai memberikan keterangan pers di Kawasan Brawijaya, Jakarta, Selasa (30/5/2023). Dalam kesempatan tersebut Anies menegaskan bahwa jajaran elit koalisi Perubahan tetap optimis dan solid menyusul penyataan Presiden Jokowi yang akan ikut membantu menangani atau cawe-cawe dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu juga Anies mengatakan pihaknya fokus kepada agenda dasar seperti membereskan kemiskinan, ketimpangan, menghadirkan keadilan, memastikan kesetaraan kesempatan dan membuka lapangan kerja.
Foto:

Jika Anies Gagal Nyapres

Anies Baswedan masih harus menghadapi sejumlah isu untuk bisa melenggang ke bursa calon presiden (capres) mendatang. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny HA kemudian melakukan survei dengan tema "Jika Anies Gagal Tiket Capres."

Dalam hal ini, jika tidak jadi maju capres oleh karena pelbagai hal, Anies diproyeksikan akan ke tiga tempat. Pertama yaitu kembali mengikuti perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur DKI Jakarta 2024-2029.

BACA JUGA: Pengakuan Mengejutkan Mahfud MD, Alasan PKS dan Pengumuman Cawapres Anies

"Jika gagal tiket capres, Anies Baswedan besar kemungkinan tarung kembali di Pilkada Gubernur DKI 2024-2029," ujar peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana dalam paparan hasil survei tersebut di Jakarta pada Senin (5/6/2023).

"Kondisi lain bisa saja Anies masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres), karena kita lihat cawapres masih sangat cair," ujarnya menambahkan.

BACA JUGA: Survei SMRC: Pada Pemilih Kritis, Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

Kendati demikian, ia menilai Anies belum tentu bersedia menjadi cawapres jika ada pilihan kembali memimpin Jakarta menjadi gubernur. Sebab, ia kini telah menjadi tiga nama potensial yang diusung menjadi capres pada perhelatan kontestasi Pilpres 2024.

Selain itu, Ade juga memproyeksikan niat Anies yang belum tentu dipilih sebagai cawapres. Sebab ia akan berpotensi menjadi matahari kembar dengan presiden. "Mengkhawatirkan presiden terpilih karena Anies dapat menjadi capres yang lebih kuat lagi di 2029," kata Ade.

BACA JUGA: Mahfud Akui PKS Pernah ke Rumahnya Beri Tawaran Cawapres Anies

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement