Selasa 06 Jun 2023 08:59 WIB

Survei Elektabilitas Anies Turun, Ini Penyebabnya Menurut Demokrat

Demokrat menilai jika jarak elektabilitas terlalu jauh sulit bagi Anies buat mengejar

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan bersama tim 8 usai memberikan keterangan pers di Kawasan Brawijaya, Jakarta, Selasa (30/5/2023). Dalam kesempatan tersebut Anies menegaskan bahwa jajaran elit koalisi Perubahan tetap optimis dan solid menyusul penyataan Presiden Jokowi yang akan ikut membantu menangani atau cawe-cawe dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu juga Anies mengatakan pihaknya fokus kepada agenda dasar seperti membereskan kemiskinan, ketimpangan, menghadirkan keadilan, memastikan kesetaraan kesempatan dan membuka lapangan kerja.
Foto:

Kisi-Kisi Cawapres Anies

Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari mengatakan pihaknya sudah menyerahkan satu nama bakal cawapres untuk Anies. Namun, dipilih atau tidaknya nama tersebut merupakan kewenangan Anies.

Kendati demikian, ia enggan mengungkap siapa nama yang diusulkan Partai Nasdem ke Anies. Namun dalam beberapa waktu terakhir, beredar tiga nama yang digadang jadi cawapresnya, yakni Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ahmad Heryawan.

"Bolanya sudah ada di Pak Anies, maka kewenangan ada pada Pak Anies untuk menjelaskan. Jadi kita sudah selesai untuk menjelaskannya, semua sudah di Pak Anies," ujar Taufik.

BACA JUGA: Survei: Elektabilitas Anies Tertinggal Jauh dari Prabowo dan Ganjar di Jawa Timur

Anies sendiri mengakui bahwa sudah mengantongi satu nama untuk menjadi cawapres-nya. Hanya saja, Anies enggan mengungkap sosok yang akan menjadi pendampingnya dalam gelaran Pilpres 2024 itu.

Menurut Anies, masih ada proses panjang sampai akhirnya dirinya mengumumkan sosok cawapres. Yang penting, kata dia, proses itu sudah berjalan. 

"Pokoknya sudah ada, tapi nanti pada waktunya diumumkan," kata Anies usai menjadi pembicara dalam acara pembekalan bakal caleg Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023).

BACA JUGA: Bagi Demokrat, AHY adalah Cawapres Terbaik Buat Anies

Jika Anies gagal mendapatkan tiket capres, maka NasDem akan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement