Senin 05 Jun 2023 23:59 WIB

Hasil Jajak Pendapat Forum Alumni Muda: Ganjar Dinilai Mampu Lanjutkan Pembangunan

Forum Alumni Muda tersebut beranggotakan ratusan alumni kampus negeri di Jawa Barat.

Forum Alumni Muda melakukan seminar diskusi tentang 'Siapakah Capres Pilihan Alumni Muda' yang di gelar di hotel Golden Flower, Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.
Foto: Dok. FAP
Forum Alumni Muda melakukan seminar diskusi tentang 'Siapakah Capres Pilihan Alumni Muda' yang di gelar di hotel Golden Flower, Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung pada 2024 mendatang, Forum Alumni Muda melakukan seminar diskusi tentang 'Siapakah Capres Pilihan Alumni Muda' yang di gelar di hotel Golden Flower, Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. 

Forum Alumni Muda tersebut beranggotakan ratusan alumni kampus negeri di Jawa Barat, yang terdiri dari lulusan Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga

Dalam kegiatan tersebut hadir pembicara Akademisi Unpad Dr. Slamet Usman Ismanto dan tiga perwakilan alumni dari kampus Unpad, ITB dan UPI dengan materi diskusi tentang 'Kriteria Calon Pemimpin Indonesia Selanjutnya', serta dilakukan pengambilan suara secara terbuka terkait capres pilihan dalam forum tersebut.

Dalam hasil jajak pendapat tersebut, Ganjar Pranowo menempati posisi teratas sebagai capres pilihan alumni muda yang dipilih oleh sebagian besar peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

"Kami lakukan diskusi secara terbuka dengan melibatkan para alumni Unpad, ITB dan UPI tentang kriteria pemimpin Indonesia di tahun 2024. Dari jajak pendapat tersebut dilakukan voting secara terbuka di mana hampir 90% dari peserta diskusi, mengutarakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo," ungkap Ketua Forum Alumni Muda Unpad-ITB-UPI Dicki Fauzia Rachman, seperti dilansir pada Senin (5/6/2023). 

Ganjar Pranowo, lanjut Dicki, dipilih mayoritas anggota Forum Alumni Muda karena memiliki latar belakang dan trek rekor yang baik selama menangani Jawa Tengah. Selain itu, pria yang berambut putih itu dipercayai bisa melanjutkan program pemerintah yang sudah berjalan selama ini.

"Indeks kepuasan generasi muda, terutama yang tergabung di Forum Alumni Muda terhadap pemerintahan saat ini cukup tinggi, faktor itu yang menyebabkan para peserta atau anggota memilih Mas Ganjar yang dipercaya bisa melanjutkannya," lanjut Dicki.

Dicki berharap diskusi tersebut bisa menghasilkan sebuah forum lanjutan, serta mengimbau untuk dapat terbuka dan kondusif dalam menerima segala perbedaan opini.

"Siapa pun pilihan dari peserta, kami tetap menyampaikan pesan damai, jangan tergiring hoaks dan isu negatif yang pada akhirnya memecah belah bangsa ini. Semoga apa yang terjadi di 2017 dan 2019 tidak terulang," kata dia.

Dalam diskusi tersebut, Akademisi Unpad Selamat Usman Ismanto menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah RI saat ini. Dirinya berharap pemimpin selanjutnya bisa satu visi dan mempercepat pembangunan Indonesia yang sudah berjalan baik.

"Tren kinerja pemerintahan saat ini positif, bisa dibuktikan dengan indeks kepuasan masyarakat mencapai hampir 80 persen. Sehingga, dalam konteks kandidasi, pemimpin kedepan adalah orang-orang yang bisa melanjutkan pondasi yang sudah dibangun," kata Usman.

Saat ini, hasil survei menuju Pilpres 2024 memang terus menunjukkan dinamika. 

Nama bakal calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo menjadi figur yang mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam survei yang dikeluarkan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 30-31 Mei 2023.

Dalam survei tersebut, Ganjar mendapatkan elektabilitas tertinggi yang dipilih oleh responden, dengan memperoleh elektabilitas sebesar 37,9%. 

Elektabilitas Ganjar unggul dari beberapa nama lainnya seperti Prabowo Subianto yang memperoleh 33,5% atau Anies Baswedan yang mendapatkan 19,2%.

“Dalam survei terakhir di pemilih kritis, 30-31 Mei 2023, Ganjar mendapat dukungan 37,9 %,” demikian hasil survei SMRC, seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Senin (5/6/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement