Sabtu 03 Jun 2023 21:53 WIB

Resmikan Lokananta, Begini Pesan Erik Thohir

Erick berpesan agar Lokananta menjadi wadah berkesenian untuk menjaga budaya bangsa.

Rep: C02/ Red: Endro Yuwanto
Erick Thohir meresmikan Lokananta yang disaksikan oleh seniman dan musisi Indonesia di Solo, Sabtu (3/6/2023).
Foto: Republika/Alfian
Erick Thohir meresmikan Lokananta yang disaksikan oleh seniman dan musisi Indonesia di Solo, Sabtu (3/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri BUMN RI Erick Thohir resmi membuka Lokananta, Solo, Jawa Tengah, untuk umum pada Sabtu (3/6/2023). Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan agar Lokananta menjadi wadah berkesenian untuk menjaga budaya bangsa.

"Kita persembahkan untuk komunitas musik Indonesia, dan tentu untuk generasi muda Solo dan Jawa Tengah ya. Agar kita bisa terus berkarya memaksimalkan kebudayaan kita karena kita tidak mau pasti sebagai negara maju, tetapi negara yang tidak punya budaya, ini bahaya," kata Erick Thohir saat peresmian Lokananta, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga

Erick juga mengungkapkan bahwa munculnya kembali Lokananta dengan wajah baru sekaligus momentum untuk meningkatkan musik tanah air.

"Jadi kita harus menjaga budaya kita apalagi disaksikan ini Ibu Waldjinah yang umur 12 tahun sudah di sini, Ibu Titi Puspa yang pernah di sini," kata Erick menjelaskan. "Tentu yang generasi muda kayak Andien yang juga kalau bisa nanti memanfaatkan ini kini menjadi sebuah tadi, momentum ya. Bagaimana musik Indonesia terus kita tingkatkan."

Erick berharap Lokananta yang sarat akan historis musik Indonesia tidak hanya bertahan sebagai warisan. Namun, bagaimana dikembangkan serta dimanfaatkan. "Saya berharap tempat ini bisa dijaga, dimanfaatkan, dan dikembangkan," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement