Jumat 02 Jun 2023 20:45 WIB

Guru Besar UI Analisis Kegagalan Pembangunan Depok 20 Tahun di Bawah PKS

Guru Besar UI menganalisis kegagalan pembangunan Depok di bawah PKS selama 20 tahun.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Kemacetan di Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat. Guru Besar UI menganalisis kegagalan pembangunan Depok di bawah PKS selama 20 tahun.
Foto:

Sebelumnya, PDIP Depok juga menyoroti pembangunan yang "gagal" di kota Depok. PDIP Depok menilai perkembangan pembangunan wilayah yang berbatasan dengan Jakarta tersebut tidak mencerminkan kota yang ideal. Salah satu alasannya adalah soal tata kota dan pembangunan yang disebut tanpa menggunakan dasar keilmuan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok Ikravany Hilman mencontohkan proyek revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Margonda Raya yang dibangun tanpa memperhatikan ilmu tata kota. Hal itu karena pelebaran trotoar justru menimbulkan masalah baru.

"Nggak perlu jadi insinyur planologi untuk tahu bahwa sepanjang Jalan Margonda ini banyak toko dan orang parkir di lahan yang sekarang dibikin trotoar. Kemudian orang-orang ini kalau mau datang ke toko, mau parkir ke mana? Setelah trotoar jadi, orang kemudian jadi parkir di trotoar," kata Ikravany kepada Republika.co.id di Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (27/4/2023).

Dia heran dengan kinerja Pemkot Depok setelah trotoar dibangun baru membahas parkir on the street. "Pertanyaan bodohnya emang itu nggak dipikirkan sebelumnya?" kata Ikravany.

Selain banyak orang yang kemudian justru parkir di trotoar, sambung dia, revitalisasi trotoar juga akan menimbulkan masalah lanjutan. "Masalah yang akan muncul kembali, itu kabel-kabel di atas (Jalan Margonda) katanya mau diturunin ke bawah, itu semakin berantakan, nanti kalau diturunin ke bawah dibongkar lagi trotoarnya," kata ketua Bapemperda DPRD Kota Depok itu.

Menurut Ikravany, permasalahan di Jalan Margonda Raya hanya salah satu dari berbagai masalah tata kota di Kota Depok. Persoalan pembangunan di jalur utama Kota Depok tersebut adalah sedikit bukti bahwa Depok tidak dibangun dengan kaidah keilmuan.

Tidak Ada Kepemimpinan di Kota Depok....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement