Rabu 31 May 2023 16:45 WIB

Ekspor Pasir Laut Dibuka dan Harapan Investasi Singapura Mengucur di IKN

Luhut menilai ekspor pasir laut bermanfaat bagi Indonesia dan kesehatan laut.

Rep: Rizky Suryarandika/Iit/Teguh/Ahmad Fikri Noor/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat memberikan keterangan pers bersama usai pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Singapura, Kamis (16/3).
Foto:

Namun hubungan kedua negara perlahan semakin baik. Perjanjian ekstradisi sudah berhasil ditandatangani tahun lalu. Indonesia juga melakukan kesepakatan dalam pengelolaan wilayah udara dengan Singapura pada 2022 lalu.

Pada 16 Maret 2023, dalam pernyataan bersama dengan PM Singapura Lee Hsien Loon usai Leaders' Retreat di Singapura, Presiden Jokowi menyambut baik minat investor Singapura yang ingin membangun IKN. 

“Dalam pertemuan kali ini terdapat 20 letter of intent milik swasta Singapura untuk investasi di IKN Nusantara,” ujar Presiden.

PM Singapura Lee Hsien Loong pun mengungkapkan dukungannya terhadap pembangunan IKN Nusantara serta visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan IKN sebagai kota pintar dan kota hijau.

Sementara itu, dalam keterangan pers, Rabu (31/5/2023), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kehadiran 95 orang investor dari Singapura di area proyek pembangunan IKN. Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Singapore Business Visit to IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Basuki berharap dengan kunjungan ini para investor Singapura tidak ragu mengambil keputusan karena akan berdampak positif bagi kerja sama kedua negara kedepan, khususnya dalam rencana investasi pengembangan IKN Nusantara.

"Kami harap kunjungan ini akan berkesan bagi Singapura dan yang paling penting jangan hanya sekedar tertarik, tapi mulai mengambil keputusan untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Karena telah banyak MOU dan LoI yang masuk, dan sekarang waktu yang tepat untuk eksekusi," ujar Basuki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement