Ahad 28 May 2023 20:38 WIB

Ikan Hias Alam Kalimantan Tengah Tembus Pasar ASEAN

Di pasar lokal, ikan cupang alam Kalimantan Tengah nilainya rendah.

Peternak memilah ikan cupang (Ilustrasi). Di pasar luar negeri, harga jual ikan yang didapat dari alam di Kalimantan Tengah ini lebih tinggi dibanding harga dalam negeri.
Foto:

Untuk menjaga kualitas dan mutu serta pemenuhan standar ekspor maupun pasar dalam negeri, pihaknya juga terus melakukan pemeriksaan ikan sebelum proses pengiriman dilakukan. Ikan harus dipastikan sehat, bebas penyakit, maupun virus yang dapat membahayakan.

Miharjo menyebut proses pengajuan pemeriksaannya juga sangat mudah. Dua hari sebelum pengiriman, masyarakat dapat ke kantor atau mengajukan permohonan secara daring.

"Untuk informasi juga bisa datang ke kantor kami," kata Miharjo.

Menurut Miharjo, penjualan ke luar negeri, untuk jenis ikan hias ada ikan botia, cupang, peang, dan betutu, serta canna. SKIPM Palangka Raya mencatat, selama 2022 beberapa jenis ikan hidup asal Kalimantan Tengah yang tembus pasar luar negeri mencapai 251.050 ekor dengan total nilai komoditas mencapai Rp4,1 miliar lebih.

Miharjo menyebut, kondisi tersebut juga dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk membudidayakan ikan hias. Sebab, selain memenuhi pasar dalam negeri, keberadaan ikan asli Kalimantan Tengah juga tembus pasar luar negeri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement