Sabtu 17 Dec 2022 08:04 WIB

Seniman Turki Dedikasikan 30 tahun Hiasi Masjid Dengan Motif Seljuk dan Ottoman

Saat bekerja, ia memfokuskan diri pada motif Ottoman dan Seljuk.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Seniman Turki Dedikasikan 30 tahun Hiasi Masjid Dengan Motif Seljuk dan Ottoman
Foto: Daily Sabah
Seniman Turki Dedikasikan 30 tahun Hiasi Masjid Dengan Motif Seljuk dan Ottoman

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA -- Seorang muralis yang tinggal di Sakarya, Sıddık Korkutata, telah mengerjakan dekorasi interior masjid di berbagai kota Türkiye. Ia bergasil menghiasi tempat suci ibadah dengan motif Seljuk dan Ottoman selama 30 tahun.

Pria berusia 52 tahun ini menyulam motif yang ada dengan perhatian penuh, seperti lacework. Korkutata menyebut dirinya berusaha melestarikan budaya Turki-Islam untuk generasi mendatang.

Baca Juga

Saat ini ia tengah menyelesaikan pekerjaannya di Masjid Kadriye Binek Sakarya. Adapun karya Korkutata menghiasi beberapa masjid di Kocaeli, Yalova, Kayseri dan Istanbul.

Korkutata menjelaskan dia telah bekerja secara mendetail, baik di Türkiye maupun di luar negeri, selama 30 tahun. Hal pertama yang diperhatikan ketika memasuki masjid adalah melihat arsitekturnua.

"Saya merancang di mana dan apa yang akan dilakukan dalam pikiran, lalu menggambar dimensinya dan menerapkan proyek itu di atas kertas, lantas menerapkannya di dinding. Kami bekerja dalam ukuran milimeter dengan kuas pensil," ujar dia dikutip di Daily Sabah, Sabtu (17/12/2022).

Saat bekerja, ia memfokuskan diri pada motif Ottoman dan Seljuk. Hal ini bermula pada 30 tahun yang lalu, ketika ia bekerja di masjid dan mengamati para master, yang mana membuatnya jatuh cinta dengan profesi ini dan terus bekerja di masjid sejak saat itu.

Korkutata mencatat dia terus mengerjakan produk seperti kayu, ubin dan poliester di bengkelnya, di Istanbul. Dia mencoba berkontribusi pada promosi dan kebangkitan mural, dengan berpartisipasi dalam pameran yang diadakan di Türkiye.  

Sumber:

https://www.dailysabah.com/arts/turkish-artist-dedicates-30-years-to-seljuk-ottoman-mosque-motifs/news

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement