Sabtu 27 May 2023 23:20 WIB

Puan Soal Hasil Survei Prabowo Ungguli Ganjar: Ini Tantangan dan akan Kita Cermati

Puan berkeyakinan survei Ganjar akan kembali unggul

Rep: C02/ Red: Nashih Nashrullah
Didampingi 3 kepala daerah Puan berkunjung ke mall solo Paragon, Sabtu (27/5/2023). Puan berkeyakinan survei Ganjar akan kembali unggul
Foto: Republika/Alfian
Didampingi 3 kepala daerah Puan berkunjung ke mall solo Paragon, Sabtu (27/5/2023). Puan berkeyakinan survei Ganjar akan kembali unggul

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Ketua DPP PDIP Puan Maharani buka suara soal hasil survei Litbang Kompas dimana Ketum Gerindra Prabowo Subianto lebih unggul dibanding Bacapres PDIP Ganjar Pranowo.  

Hal tersebut diungkapkan Puan Maharani di Solo Paragon Mall, Sabtu (26/5/2023) malam. Pihaknya mengatakan bahwa hasil survei tersebut menjadi tantangan tersendiri dan akan menjadi bahan evaluasi partai. "Menjadi tantangan dan akan kita cermati untuk dievaluasi," kata Puan, Sabtu (27/5/2023) malam.  

Baca Juga

Pihaknya juga berharap bahwa survei elektabilitas Ganjar bisa naik lagi di hasil survei kedepannya. "Semoga kedepan bisa naik lagi insya Allah," katanya. 

Di sisi lain, Puan menyebutkan bahwa dukungan dari partai politik lain seperti PPP sudah bergabung dengan PDIP. 

Kedua partai tersebut sudah mempunyai kesepakatan dan kesepahaman visi untuk memenangkan Ganjar sebagai capres. "Kan sudah bergabung PPP dengan PDIP," ungkapnya.  

"Waktu itu sudah ada pertemuan antara PPP dengan PDIP, antara ketua PDI dan PPP. Jadi ya ini yang kita bersama sama mempunyai kesepakatan, kesamaan niat untuk calon presiden yang sama dan memenangkan pileg dan pilpres yang ada," katanya mengakhiri.  

Seperti diketahui, Elektabilitas Prabowo dari hasil survei Litbang Kompas per Mei 2023 unggul atas Ganjar dan Anies. Dia kokoh di urutan pertama dengan perolehan 24,5 persen, sementara Ganjar di angka 22,8 persen, dan Anies dengan 13,6 persen.

Sementara, Puan mengungkap dapat ajakan untuk menonton konser Dewa 19 dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai sesi makan bersama di warung sumber bestik pak Darmo, Sabtu (27/5/2023) malam.  "Diajak mas wali nonton konser Dewa di UMS," kata Puan, Sabtu (27/5/2023). 

Puan mengungkapkan bahwa kunjungannya bersifat santai. Sebelumnya ia bersama tiga kepala daerah sempat berkeliling di mall Solo Paragon. Setelah itu mereka makan bersama. 

"Jadi datang ke sini diajak jalan jalan ke mall, beli es teh kemudian diajak makan nasi goreng kemudian habis ini mau nonton konser dewa," katanya.

Puan juga sempat mengajak awak media untuk ikut bersama menyaksikan konser Dewa 19 tersebut di UMS. "Yuk nonton yuk bareng bareng," katanya. 

Puan juga mengungkapkan bahwa obrolan antara dirinya dengan Gibran hanya seputar makanan favorit. "Jadi mas wali jemput saya, ngikut saya juga. Malam mingguan sama mas wali kota (Ngobrolin apa dengan mas wali?)Sukanya makan apa?sukanya makan nasi goreng lidah," katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku dapat pesan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ketika mengobrol dengan Ketua Bapilu Puan Maharani di salah satu warung makan di Solo, Sabtu (27/5/2023) malam. "Ya Banyak lah ya (obrolan soal politik), (masukan?) banyak," katanya, Sabtu (27/5/2023).

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Gibran juga mengaku mendapat pesan dari Megawati. Ia juga mendapatkan pesan dari Puan meskipun yang disampaikan hampir sama dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu ketika dirinya dipanggil ke Jakarta.

"Ada juga (pesan Megawati), (apa?) Woh gausah lah ya, (sama dengan pak hasto?) Hampir sama tapi ini disampaikan langsung oleh mbak Puan," katanya. 

Kendati demikian, Gibran enggan membocorkan pesan apa yang diterima dirinya dari sosok ketua Bapilu PDIP tersebut. "Rahasia," katanya. 

Gibran juga mengungkapkan sempat menceritakan pertemuan antara dirinya dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. "Ya saya juga bercerita sedikit masalah pertemuan pak Prabowo kemarin," katanya. 

Kendati demikian, Gibran mengaku bahwa persoalan pertemuan antara dirinya dengan Prabowo tersebut sudah selesai. Ia juga telah menjelaskan hal tersebut kepada Puan secara langsung. 

"Tapi udah clear semua ya kok, ya itu aja, iya kemarin sama pak Sekjen kan udah clear sama DPP kan sudah clear, ada mb Puan datang sendiri ke sini ya disampaikan semua," katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement