Sabtu 27 May 2023 17:25 WIB

Tiga Hari Kebakaran Hutan, BPBD Riau Kerahkan Helikopter Padamkan Api di Rokan Hilir

Tercatat titik panas terbaru di Pulau Sumatera mencapai 100 titik.

Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16/Rydder Lanud Roesmin Pekanbaru, terbang diatas lahan yang terbakar di Koto Tuo, Kampar. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Skadron Udara 16/Rydder Lanud Roe
Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16/Rydder Lanud Roesmin Pekanbaru, terbang diatas lahan yang terbakar di Koto Tuo, Kampar. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan dua unit helikopter untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

"Hutan dan lahan di Rohil tiga hari ini terbakar. Tim sedang berusaha memadamkan api dan belum ada perkembangan, karena sinyal internet di lokasi karhutla juga jelek untuk berkomunikasi," kata Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal dalam keterangannya kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu (27/5/2023).

Edy mengatakan, kondisi kebakaran hutan dan lahan di Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir itu terisolasi, sulit diakses jika melakukan pemadaman api melalui jalan darat, sehingga harus diupayakan melalui udara.

Karena itu, katanya, selain mengerahkan helikopter, pihaknya juga melakukan pemadaman melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan menyemai garam di langit.

"Untuk penyemaian garam di langit Riau dalam sekali penyemaian mencapai 800 kg sampai 1.000 kg. Wilayah yang disemai berada di kabupaten yang kering dan rawan terjadi kebakaran, terutama wilayah pesisir, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bengkalis, Dumai, dan Rokan Hilir (Rohil)," katanya.

Pihaknya juga berharap hujan yang turun mampu membasahi lahan kering, sehingga bisa mencegah kebakaran.

BMKG Stasiun Pekanbaru merilis informasi titik panas terbaru di Pulau Sumatera tercatat mencapai 100 titik, yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 31 titik, Sumatera Selatan (Sumsel) 17 titik, Lampung 14 titik

Berikutnya, di Bengkulu 13 titik, Bangka Belitung enam titik, Sumatera Utara (Sumut) empat titik, Aceh tiga titik, Jambi satu titik, serta Riau 11 titik.

"Di Riau terdapat 11 titik panas, semuanya di Rokan Hilir, yakni di Kecamatan Pasir Limau Kapas," kata Forecaster BMKG Pekanbaru Anggun.

BMKG Pekanbaru juga memprakirakan cuaca untuk wilayah Riau pada Sabtu (27/5) diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

Pada siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Riau. Potensi ini terjadi di Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Siak, Bengkalis, dan Kuantan Singingi.

Sedangkan malam hari, kata Anggun, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, dan Kuantan Singingi.

Pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, dan Pelalawan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Suhu udara Riau pada hari ini berada di angka 22.0 - 33.0 C dengan kelembapan udara 58 - 98 persen.

Sementara arah angin berhembus ke Selatan-Barat dengan kecepatan 10?30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,50 - 1,25 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement