Sabtu 27 May 2023 17:00 WIB

Inovasi Dunia Pendidikan, Beragam Software Ini Mudahkan Penulisan Artikel Ilmiah

Penulisan artikel ilmiah untuk guru kini bisa menggunakan software

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar di SMA Negeri 14 Kota Bekasi pada Kamis (25/5/2023).
Foto: Dok Istimewa
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar di SMA Negeri 14 Kota Bekasi pada Kamis (25/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Proses pembelajaran kini bisa ditempuh dengan mudah berkat inovasi teknologi. Termasuk juga memberikan fasilitas pendukung untuk pendidik.

Software pendukung pembuatan artikel ilmiah adalah sebuah aplikasi yang membantu guru dalam menulis artikel ilmiah dengan lebih efisien dan efektif. 

Baca Juga

Software ini biasanya memiliki fitur untuk mengelola referensi, menulis catatan, meninjau ulang tulisan, dan memformat tulisan sesuai dengan standar akademik yang diperlukan.  

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Herlawati, mengungkapkan beberapa contoh software pendukung pembuatan artikel ilmiah yang populer, yaitu Mendeley, EndNote, Zotero, dan Microsoft Word. 

"Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam pemanfaatan software tersebut di antaranya Mendeley dan ChatGPT," ujar Herla dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar di SMA Negeri 14 Kota Bekasi pada Kamis (25/5/2023). 

Dalam menyelenggarakan pengabdian masyarakat ini, dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya bekerjasama dengan dosen Fakultas Teknik Universitas Islam 45 Bekasi. 

Sebagai ketua pelaksana, Herla pun berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru-guru dalam hal publikasi artikel ilmiahnya yang biasanya hasil publikasi tersebut diperlukan untuk pengurusan kenaikan pangkat. 

Dengan memahami cara membuat artikel ilmiah, menurut Herla, guru-guru SMA dapat meningkatkan kemampuan akademik, menjadi contoh yang baik bagi siswa, menyediakan sumber daya dan berkontribusi pada penelitian dan pengembangan pendidikan. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan siswa yang lebih kompeten dan terampil. 

“Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada Guru SMA Negeri 14 tentang pemanfaatan software yang dapat mendukung dalam pembuatan artikel ilmiah sampai bisa terpublikasi dengan baik,” ucap Herla dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (27/5/2023).

Materi pertama dalam kegiatan ini disampaikan Rahmadya Trias Handayanto yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Komputer Universitas Islam 45 Bekasi dibantu Haryono. Mereka memberikan materi tentang "Penulisan Artikel Ilmiah yang Dapat Dipublikasikan dan Pemanfaatan Software Mendeley Dalam Artikel Ilmiah". 

Kemudian, dilanjutkan oleh Herlawati yang menyampaikan tentang penyesuaian artikel ilmiah dengan template jurnal. Sedangkan materi selanjutnya lebih mengarah kepada praktik secara langsung tentang ChatGPT Untuk Penulisan Karya Ilmiah, Perplexity Untuk Paragraph Bersitasi, Speedwriter Untuk Paraphrase, Speedwriter Creative Untuk Pengembangan Paragraf. 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Materi tersebut dipaparkan Malikus Sumadyo dibantu Retno Nugroho Whidhiasih yang merupakan dosen Universitas Islam 45 Bekasi, serta dibantu oleh Prima Dina Atika. Dalam pemaparannya, Malikus Sumadyo menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan software berbasis AI saat ini bisa sangat membantu guru-guru dalam pembuatan artikel ilmiah yang berkualitas.

“Jadi artikel ilmiah tersebut supaya bisa dibaca oleh orang lain kemudian dikutip dan memotivasi penelitian-penelitian selanjutnya, maka artikel tersebut harus terpublikasi dengan baik di sebuah jurnal yang bereputasi," kata Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Andy Achmad.

Sementara, materi terkait prosedur publikasi karya ilmiah ke sebuah jurnal merupakan materi terakhir yang disampaikan pada kegiatan ini dibantu oleh Inna Ekawati dan Dadan Irwan yang merupakan dosen Universitas Islam 45 Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement