Jumat 26 May 2023 16:17 WIB

Pasar Jambu Dua akan Menjadi Pasar Basah Terbesar di Kota Bogor

Jumlah pedagang yang akan ditampung nantinya sebanyak 1.141 pedagang pasar.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Gita Amanda
Pedagang melayani pembeli di Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi). Pasar Jambu Dua akan jadi pasar basah terbesar di Kota Bogor.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pedagang melayani pembeli di Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, Jawa Barat, (ilustrasi). Pasar Jambu Dua akan jadi pasar basah terbesar di Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pasar Jambu Dua di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor saat ini sedang dalam tahap pembongkaran bangunan eksisting. Setelah dibangun kembali, pasar ini akan menjadi pasar basah terbesar di Kota Bogor yang bisa menampung ribuan pedagang.

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir, mengatakan pembongkaran sudah dilakukan sejak pascalebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Setelah pembongkaran selesai, pembangunan akan langsung dimulai.

Baca Juga

“Tetap jadi pasar besar yang jualan pangan Kota Bogor. Jadi pasar basah yang jual ikan, sayur, sembako, terbesar di Kota Bogor ada di Jambu Dua,” kata Muzakkir, Jumat (26/5/2023).

Lebih lanjut, Muzakkir menjelaskan, pedagang yang akan menempati Pasar Jambu Dua nantinya merupakan gabungan pedagang Pasar Jambu Dua, ditambah pedagang dari Pasar Bogor yang juga akan dibongkar. Diperkirakan, jumlah pedagang yang akan ditampung nantinya sebanyak 1.141 pedagang pasar.

Gedung pasar yang akan dibangun, kata dia, akan memiliki dua lantai dengan semi basement dan lantai dasar. Ditargetkan, pembangunan Pasar Jambu Dua akan selesai sebelum Desember 2023 untuk segera diresmikan.

“Iya jadi gini, Pasar Jambu Dua selesai, para pedagang di pasar sementara akan pindah ke dalam pasar. Begitu juga pedagang Pasar Bogor pindah ke Jambu Dua. Jadi semuanya akan gabung ke dalam pasar baru itu. Berbarengan,” jelasnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengatakan revitalisasi Pasar Jambu Dua ini merupakan bagian dari program penataan pasar secara menyeluruh di Kota Bogor. Penataan pasar secara menyeluruh ini dimulai dari pembangunan Pasar Induk Jambu Dua, dan memiliki keterkaitan dengan pasar lainnya.

Sebab, kata dia, Pasar Induk Jambu Dua yang sebelumnya menampung kurang lebih 300 pedagang eksisting juga akan menampung seluruh pedagang di Pasar Bogor. Dimana Pasar Bogor akan dibongkar pada Oktober atau November 2023.

“Kemudian pedagang di sana diberikan opsi untuk pindah ke sini. Jumlahnya sekitar 800-an (pedagang). Jadi total ada sekitar 1.000-an (pedagang),” katanya.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung dan membuat nyaman pengunjung, kata Bima Arya, Pasar Induk Jambu Dua ini dikonsep sebagai pasar bersih atau pasar modern. Dengan penataan di dalam pasar, jalur pengunjung, area parkir, jalur transportasi umum, serta bongkar muat dan sebagainya.

Ia berharap proses pembangunan Pasar Induk Jambu Dua tepat waktu sesuai rencana yang sudah ditargetkan, kemudian dilanjutkan dengan pembongkaran Pasar Bogor. Sehingga ke depan di Plaza Bogor dan Pasar Bogor tidak lagi digunakan sebagai pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement