Jumat 26 May 2023 15:47 WIB

Seleksi Dirut BAKTI, Mahfud MD: Tidak Ada yang Lulus

Plt Menkominfo Mahfud MD sebut tidak ada yang lulus dalam seleksi Dirut BAKTI.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan
Menko Polhukam sekaligus Plt Menkominfo Mahfud MD. Plt Menkominfo Mahfud MD sebut tidak ada yang lulus dalam seleksi Dirut BAKTI.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menko Polhukam sekaligus Plt Menkominfo Mahfud MD. Plt Menkominfo Mahfud MD sebut tidak ada yang lulus dalam seleksi Dirut BAKTI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Plt Menkominfo Mahfud MD mengatakan, sejauh ini tidak ada peserta yang lulus menjadi direktur utama PT Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam seleksi terbuka. Menurut dia, seleksi yang mulai berproses sejak medio April lalu itu hanya sampai ke pertengahan seleksi.

“Ketika sudah mengerucut itu, dinilai ternyata tidak ada yang lulus,” kata Mahfud di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

Mahfud menjelaskan, tidak ada satu pun peserta seleksi calon direktur utama PT Bakti yang melanjutkan ke tahap wawancara menteri. Sebab itu, dia mengumumkan kembali pembukaan seleksi meski tak memerinci waktu lengkapnya.

“Jadi, intinya proses seleksi yang sudah berjalan dinyatakan berhenti sampai di sini karena tidak ada yang memenuhi syarat kompetensi,” kata dia.

Mahfud memerinci, alasan pembukaan kembali calon dirut Bakti dilakukan untuk keperluan mendasar. Apalagi, kata dia, PT Bakti yang dibawahi Kemenkominfo akan berkaitan dengan 60 persen anggaran dari Kemenkominfo.

Di lokasi yang sama, Kepala Badan Litbang SDM selaku Ketua Tim Seleksi Jabatan Dirut Bakti, Harry Budiarto, menjelaskan, seleksi terbuka dimulai dengan penerimaan berkas para peserta secara daring. Setelahnya, dilanjutkan seleksi administratif serta penulisan makalah dan tes asesmen untuk profil perilaku.

Menurut dia, pada seleksi sebelumnya, ada 23 pendaftar. Meski demikian, berkurang menjadi 15 orang dari hasil seleksi administrasi dan berkurang menjadi 12 di seleksi asesmen. Aral melintang, berdasarkan hasil penilaian tahap asesmen, diputuskan tidak ada yang memenuhi kompetensi.

“Sehubungan dengan hal tersebut, panitia akan melaksanakan seleksi terbuka yang diulang lagi yang waktunya ditentukan kemudian,” kata Harry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement