Jumat 26 May 2023 13:48 WIB

Per 1 Juni 2023, Jumlah Perjalanan KRL ke Cikarang Jadi 282 Kali

PT KCI juga menyediakan enam perjalanan feeder KRL Cikarang-Manggarai-Kampung Bandan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Rangkaian KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang berhenti di Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (9/10).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Rangkaian KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang berhenti di Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Commuter Indonesia (KCI) mulai melakukan beberapa penyesuaian perjalanan KRL Commuter Line, khususnya rute Cikarang. Hal itu sejalan dengan peruahan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2023 yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Per 1 Juni 2023, jumlah perjalanan kereta ke Cikarang bertambah menjadi 282 kali.

"Penyesuaian perjalanan Commuter Line Cikarang dilakukan, seperti dengan peningkatan kecepatan perjalanan dari semula 70 km per jam menjadi 95 km per jam dengan headway rata-rata menjadi sembilam menit dari yang sebelumnya 12 menit," kata VP Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Anne menjelaskan, PT KCI juga memperpanjang enam perjalanan feeder relasi Cikarang-Bekasi PP (pulang-pergi) menjadi relasi Cikarang-Manggarai-Kampung Bandan. "Nantinya per 1 Juni 2023 akan ada 282 perjalanan Commuter Line Cikarang dengan 28 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut," ujar Anne.

Stasiun Cikarang merupakan salah satu stasiun transit KRL Commuter Line, yang terhubung dengan Kereta Jatiluhur, Kereta Walahar, serta kereta jarak jauh. Dengan semakin mudahnya konektivitas antarpenumpang yang turun dari kereta maka pengumpang semakin dimudahkan dengan kebijakan itu.

 

Karena itu, penambahan KRL Commuter Line ke Stasiun Cikarang bisa mendukung kenaikan pengguna transportasi publik. "Selain itu, KAI Commuter berharap dapat terus meningkatkan volume pengguna hingga mencapai lebih dari satu juta pengguna per hari," ujar Anne.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement