Selasa 23 May 2023 08:44 WIB

Sejumlah Pemuda Antusias Ikuti Pelatihan Tune Up 'Kereta' GMC di Kabanjahe Sumut

Kemampuan teknis tersebut juga bisa menjadi modal peserta untuk membuat usaha.

Para pemuda di Kabupaten Karo, Sumatra Utara mendapatkan pelatihan tune up kereta alias sepeda motor.
Foto: Dok. Web
Para pemuda di Kabupaten Karo, Sumatra Utara mendapatkan pelatihan tune up kereta alias sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Para pemuda di Kabupaten Karo, Sumatra Utara mendapatkan pelatihan tune up “kereta” atau sepeda motor dari kelompok relawan GMC. Dilansir dari Antara, Selasa (23/5/2023), kegiatan yang digelar di wilayah Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo itu pun mendapat sambutan yang antusias dari warga khususnya kaum milenial.

“Pelatihan tune up berisi (cara) pembersihan dan perawatan karburator, pergantian oli, perawatan saringan hawa sampai kelistrikan,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) GMC atau Ganjar Mileniap Center Sumatra Utara, Yusuf Elpa Sagala.

Baca Juga

Kegiatan itu diharapkan dapat menambah pengetahuan kaum milenial setempat di bidang otomotif, khususnya sepeda motor atau yang biasa disebut “kereta” di kalangan masyarakat Tanah Karo.

“Tujuannya (diadakan pelatihan) bagaimana menciptakan mekanik-mekanik andal di Kabupaten Karo sebagaimana kami ketahui banyaknya minat milenial terhadap otomotif,” tutur Yusuf.

Dengan kata lain, pelatihan tersebut menjadi wadah untuk memasilitasi generasi muda untuk memiliki keahlian sesuai dengan minat dan bakat mereka, yakni otomotif.

Menurutnya, kemampuan otomotif menjadi salah satu bidang yang digemari di Tanah Karo selama ini, khususnya bagi kaum laki-laki.

Namun, warga setempat lebih banyak yang mempelajari teknik otomotif secara otodidak, karena tidak semua mengenyam pendidikan formal di bidang terkait

Oleh karena itu, para peserta pelatihan tune up sepeda motor kali ini menyambut baik inisiatif pelatihan ini. 

“Tanggapan saya bagus. Untuk kaum milenial jadi lebih paham tentang bagaimana cara perawatan motor secara mandiri,” kata salah seorang peserta pelatihan, Apul S Meliala.

Tak hanya untuk merawat sepeda motor milik pribadi, kemampuan teknis tersebut juga bisa menjadi modal peserta untuk membuat usaha atau bekerja.

“Anak-anak muda milenial jadi dapat membuka usaha atau bekerja langsung ke lapangan. Anak muda di Tanah Karo hampir (semua) suka dengan motor terus jadi moda transportasi sehari-hari juga,” kata dia.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement