Ahad 21 May 2023 14:54 WIB

Adian Napitupulu Yakin Jokowi Loyal ke PDIP Meskipun Relawannya Dukung Prabowo

Adian mengingatkan PDIP telah memberikan tujuh kemenangan untuk Jokowi dan keluarga.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus raharjo
Prabowo bertemu relawan Gibran dan Jokowi di angkringan omah Semar Solo, Jumat (19/5/2023).
Foto: Republika/Alfian
Prabowo bertemu relawan Gibran dan Jokowi di angkringan omah Semar Solo, Jumat (19/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, meyakini Presiden Joko Widodo tetap loyal terhadap PDIP di Pilpres 2024. Isu bergesernya dukungan Jokowi ke Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto mencuat usai relawan Jokowi-Gibran menyatakan dukungan terhadap Prabowo di Solo.

Adian optimistis Jokowi tetap mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang sudah ditetapkan PDIP pada bulan lalu di Bogor.

Baca Juga

"Dalam lubuk hatinya Jokowi tidak lupakan sejarah dan karena itu juga maka saya percaya bahwa keberpihakan Jokowi pada PDI Perjuangan tidak tergoyahkan. Jokowi pasti satu nafas sebagai kader partai untuk menjalankan amanat Kongres. Termasuk di dalamnya terhadap calon presiden Ganjar Pranowo," kata Adian dalam keterangannya pada Ahad (21/5/2023).

Adian menyinggung bahwa Jokowi hadir sebagai saksi saat Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri memutuskan Ganjar sebagai bakal capres. "Keputusan Ketua Umum setelah melalui pertimbangan mendalam, kontemplasi, dan berdialog dengan Presiden Jokowi yang ikut menyampaikan masukan dan pertimbangan secara objektif," ujar anggota DPR RI itu.

Adian membeberkan sejumlah fakta yang membuatnya percaya Jokowi tak keluar dari keputusan PDIP. Pertama, PDIP merupakan partai pengusung Jokowi dan keluarganya yang mendapatkan tujuh kali kemenangan tanpa putus. Yaitu dua kali menjadi wali kota, satu kali menjadi gubernur DKI dan dua kali menjadi Presiden RI.

"Di luar itu PDI Perjuangan sebagai partai pengusung juga berjuang membawa baik Gibran maupun Bobby menjadi wali Kota Solo dan wali Kota Medan. Sempurna! Tujuh kemenangan untuk Jokowi dan keluarganya dipersembahkan oleh PDI Perjuangan dengan seluruh kader-kadernya," ujar aktivis 98 tersebut.

Adian mengingatkan dalam tujuh kemenangan itu PDIP tak pernah meninggalkan Jokowi. Seluruh kader PDI Perjuangan hingga tingkat anak ranting bergotong royong meyakinkan pemilih.

"Semua kader PDI Perjuangan di semua tingkat hingga DPR RI juga berjibaku mengamankan semua kebijakan Jokowi, Gibran maupun Bobby. Komitmen PDI Perjuangan bukan hanya di kata tapi terjaga, teruji dan terbukti hingga hari ini tanpa perlu lagi dipertanyakan," ujar Adian.

Sebelumnya, dalam pertemuan pada Pada Jumat (19/5/2023), Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengaku kaget lantaran relawan Jokowi se-Jateng dan Jatim serta relawan Gibran menyatakan dukungan kepada dirinya. Prabowo mengungkapkan bahwa sebenarnya kedatangannya untuk menyambung tali silaturahmi dengan putra sulung presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement