Ahad 21 May 2023 14:33 WIB

Barikade 98 Kembali Wacanakan Jokowi Tiga Periode Saat Peringatan 25 Tahun Reformasi

Benny menegaskan tunduk pada keputusan Jokowi terkait dukungan capres 2024.

Aktivis Barikade 98 saat menggelar peringatan 25 Tahun Reformasi di Jakarta, Ahad (21/5/2023).
Foto: dok pribadi
Aktivis Barikade 98 saat menggelar peringatan 25 Tahun Reformasi di Jakarta, Ahad (21/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Organisasi Barikade 98 kembali mewacanakan dukungan agar Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode saat peringatan 25 Tahun Reformasi di Jakarta, Ahad (21/5/2023). Mereka mengaku wacana tiga periode mendapat dukungan karena mereka tidak ingin Orde Baru kembali berkuasa melalui manipulasi Pemilu 2024.

"Dari pada orde baru atau kekuatan intoleran berkuasa di republik ini, lebih baik Jokowi tiga periode. Jika kekuasaan Orde Bru ingin berkuasa kembali dan intoleran mau berkuasa lagi, lebih baik Jokowi tiga periode," tutur salah seorang orator Barikade 98, Hengki Irawan di markas Barikade 98, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, dalam keterangan, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

Orasi tersebut disambut teriakan, "Jokowi tiga periode, Jokowi tiga periode" oleh aktivis dan massa aksi Peringatan 25 Tahun Reformasi. Sebelum menggelar acara puncak peringatan 25 tahun reformasi di markas Barikade 98, ribuan aktivis dan massa aksi melakukan kegiatan jalan santai di hari bebas kendaraan bermotor, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Mereka kompak menggunakan setelan pakaian berwarna hitam di tengah ribuan warga yang tengah berolah raga. Usai memutari Bundaran Hotel Indonesia (HI), mereka kembali berkumpul di Sarinah, kemudian kembali berjalan menuju Markas Barigade 98 di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Di lokasi tersebut, ribuan masa aksi menggelar peringatan 25 tahun reformasi dengan kegiatan orasi, serta menyanyikan lagu-lagu reformasi dan aksi mahasiswa. Ketua Barikade 98, Benny Rhamdani mengatakan, pihaknya masih 'wait and see' dalam menentukan sosok calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Ia memastikan, Barikade 98 akan mengikuti arah dukungan Presiden Jokowi, dalam memberikan dukungan kepada capres 2024.

"Kalau ditanya, Barikade 98 kemana, kami belum menentukan sikap. Sebab, yang muncul (sosok capres) selama ini belum kita anggap baik, kami hanya tunduk kepada keputusan Jokowi," ujar Benny.

Menurut dia, Barikade 98 memiliki komitmen untuk mencari seorang pemimpin yang mampu merawat dan menjaga cita-cita suci reformasi seperti Presiden Jokowi. Karenanya, kata dia, kemana keputusan Presiden Jokowi berada, Barikade 98 akan mengikutinya. "Dukungan kita diberikan kesitu, kita ikut, kita lurus kepada Presiden Jokowi," tegas Benny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement