Ahad 21 May 2023 11:05 WIB

PPDB SMPN 2023 di Surabaya Dibagi Dua Jalur Zonasi

Pembagian dua zonasi dilakukan sebagai tindak lanjut masukan dari masyarakat.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2023 Tahun 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dibagi dalam dua jalur zonasi.
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2023 Tahun 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dibagi dalam dua jalur zonasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2023 Tahun 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dibagi dalam dua jalur zonasi. Ini dilakukan sebagai tindak lanjut masukan masyarakat.

"Kami ingin pemerataan akses yang berprinsip pada keadilan, maka muncul kebijakan zonasi 1 dan zonasi 2," kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya Yuli Purnomo dalam keterangannya di Surabaya, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

Menurut dia, PPDB di Surabaya tetap mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Hasil evaluasi PPDB tahun lalu, lanjut dia, maka tahun ini membagi PPDB SMPN jalur zonasi menjadi zonasi 1 dan zonasi 2.

Kebijakan ini berdasar masukan dari berbagai masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari SMPN.

Hal yang sama disampaikan Ketua PGRI Kota Surabaya Agnes Warsiati. Menurutnya, ada berbagai cerita di masyarakat bahwa masih ada calon peserta didik baru (CPDB) yang belum bisa masuk SMPN padahal berada satu kecamatan dengan sekolah.

"Pembagian zonasi ini merupakan keputusan bersama dari berbagai pihak, termasuk PGRI Surabaya," ujarnya.

Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Erwin Darmogo mengaku sudah menyepakati mengenai pelaksanaan PPDB jenjang SMP di Kota Surabaya. Laman PPDB SMP milik Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya bukan hanya untuk SMPN, tapi juga SMP swasta.

"Saat ini kami sedang mendata SMP swasta mana yang ikut PPDB ini. Sebab, nantinya kami membuka jalur reguler dan jalur afirmasi keluarga miskin atau pramiskin. Wali murid harus memastikan kuota masing-masing di SMP swasta," ucapnya.

Dispendik Surabaya membuka PPDB 2023 untuk jenjang pendidikan TK Negeri, SD Negeri, dan SMP Negeri mulai 22 Mei hingga 25 Juni 2023.

Untuk jenjang TK Negeri, pendaftaran dimulai pada 10 Juni 2023 melalui laman ppdbtk.surabaya.go.id, jenjang SD Negeri dibuka mulai 25 Juni 2023 dengan mengakses laman ppdbsd.surabaya.go.id dan jenjang SMP Negeri dimulai 22 Mei 2023 dengan mengakses laman ppdb.surabaya.go.id.

"Seluruh pendaftaran PPDB sekolah negeri tidak dipungut biaya dan proses pendaftarannya menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau online," kata Kepala Disdik Kota Surabaya Yusuf Masruh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement