Kamis 18 May 2023 21:15 WIB

Kebun Raya Banua Kalsel Raih Terbaik ke-2 se-Indonesia

Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi BRIN selaku pembina pembangunan kebun raya

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengapresiasi percapaian UPTD Kebun Raya Banua, sehingga meraih penghargaan tingkat nasional. (ilustrasi).
Foto: Pemprov Kalsel
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengapresiasi percapaian UPTD Kebun Raya Banua, sehingga meraih penghargaan tingkat nasional. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kebun Raya Banua Kalimantan Selatan yang berada di wilayah perkantoran Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru, meraih penghargaan terbaik ke-2 se-Indonesia pada tahun 2023. Kebun Raya Banua dinobatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia sebagai terbaik ke-2 pada perayaan HUT Kebun Raya Bogor di Jawa Barat pada Rabu (17/5/2023).

"Penghargaan diserahkan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang merupakan Dewan Pembina BRIN," ujar Kepala UPTD Kebun Raya Banua Kalsel Adilla Redha Yanti dalam pernyataan resminya di Banjarmasin, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

Menurut dia, Kebun Raya Banua Kalsel meraih terbaik ke-2, sedangkan terbaik pertama diraih Kebun Raya Indrokilo di Boyolali, Jawa Timur. Sementara itu, di bawah Kebun Raya Banua yang meraih penghargaan adalah Kebun Raya Balikpapan Kalimantan Timur dan Kebun Raya ITERA Lampung Selatan, Lampung.

"Saat perayaan HUT Kebun Raya Bogor itu saya didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Pemprov Kalsel H Muhammad Amin, menerima penghargaan itu," ungkapnya.

Sebagimana disampaikan, penghargaan ini adalah bentuk apresiasi BRIN selaku pembina pembangunan kebun raya di Indonesia kepada para pengelola kebun raya daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen dan konsistensi yang kuat dalam menjalankan fungsi-fungsi kebun raya. Dinyatakan BRIN, penghargaan ini berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi yang panjang dari berbagai juri. Kebun raya telah memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain manfaat ekologi dan menyelamatkan keanekaragaman hayati tumbuhan, kebun raya juga memberikan dampak ekonomi, sosial hingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah. "Tentunya kita bersyukur atas keberhasilan ini. Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau dukungan kepada Kebun Raya Banua selama ini," kata Adilla.

Adilla mengungkapkan, dukungan penuh dari Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut menjadi salah satu indikator terbesar dalam penilaian. Gubernur Kalsel sangat memperhatikan serta memberi dukungan untuk Kebun Raya Banua baik itu kebijakan maupun anggaran sehingga menjadi semangat UPTD Kebun Raya Banua untuk terus mengembangkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat Banua. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pun mengapresiasi percapaian UPTD Kebun Raya Banua, sehingga meraih penghargaan tingkat nasional.

Pun begitu, Gubernur tetap berpesan agar Kebun Raya Banua terus bergerak maju, menjadi lebih baik lagi serta banyak memiliki manfaat bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Baik sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, budidaya berbagai tanaman hingga pusat rekreasi.

"Selamat untuk Kebun Raya Banua. Terus tingkatkan dan bergerak lebih maju lagi," demikian pesan resmi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Sampai saat ini terdapat 51 kebun raya di Indonesia. Kebun raya tersebut terdiri dari 5 kebun raya dikelola BRIN, 41 Kebun raya dikelola Pemerintah Daerah, 3 kebun raya dikelola Perguruan Tinggi. 1 kebun raya dikelola BUMN serta1 kebun raya dikelola swasta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement