Rabu 17 May 2023 17:07 WIB

Tutup Safari Politik ke Mantan Wapres, Cak Imin Juga akan Sowan ke Try Sutrisno

Cak Imin meminta ke sejumlah mantan wakil presiden hadapi Pemilu 2024

Rep: Fauziah Mursyid / Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (ketiga kanan) bersama Wakil Presiden RI ke-11 Boediono (tengah) melambaikan tangan sebelum pertemuan di Jakarta, Rabu (17/5/2023). Pertemuan tersebut sebagai ajang bersilaturahim sekaligus membahas perkembangan politik serta isu-isu terkini di Indonesia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (ketiga kanan) bersama Wakil Presiden RI ke-11 Boediono (tengah) melambaikan tangan sebelum pertemuan di Jakarta, Rabu (17/5/2023). Pertemuan tersebut sebagai ajang bersilaturahim sekaligus membahas perkembangan politik serta isu-isu terkini di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku akan terus melanjutkan safari politiknya ke deretan mantan wakil presiden guna meminta wewejangan menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

 

Baca Juga

Setelah menyambangi Wapres ke-11 RI Boediono pada Rabu (17/5/2023) hari ini, Muhaimin akan sowan ke rumah Wapres ke-6 RI Try Sutrisno pada Sabtu (20/5/2023).

 

"Saya dijadwalkan (silaturahim ke rumah) Pak Try besok Sabtu," ujar Cak Imin, sapaan akrabnya usai mengunjungi Wakil Presiden ke-11 RI Boediono di rumahnya di Menteng, Jakarta, Rabu (17/5/2023).

 

Cak Imin mengatakan, safari politik yang dilakukannya untuk bekal dirinya menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Cak Imin juga tak membantah jika safari politik dirinya ini makin menunjukan dirinya serius mengincar posisi calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto. "Amin-amin," kata Muhaimin.

 

Namun demikian, Cak Imin tak menjawab lugas saat ditanyai kemungkinan PKB akan cabut koalisi dari Gerindra jika dirinya gagal menjadi cawapres. "Ya kan belum diputuskan, kita tunggu aja, doakan saja," ujarnya.

 

Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga menjelaskan dalam pertemuannya dengan Boediono mendapat banyak pemikiran-pemikiran tentang ekonomi dan tantangannya ke depan.

 

"Saya mendapatkan gambaran tentang kehati-hatian kita menyangkut tantangan ekonomi yang tidak mudah kedepan ini, terutama kondisi ekonomi global yang memang sulit yang memang harus kita hadapi dengan baik," ujarnya.

 

Namun, Cak Imin mengaku tidak banyak berbicara politik dengan Wapres era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut."Beliau selalu kalau diajak ngomong politik, saya nggak ikut-ikut politik," ujarnya.

 

Safari politik Muhaimin ke sejumlah wakil presiden gencar dilakukan beberapa waktu terakhir. Cak Imin diketahui menyambangi kediaman Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla pada 6 Mei 2023 lalu. 

 

Kemudian dirinya mengunjungi kediaman Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz di Jakarta 11 Mei 2023 lalu. Terbaru wakil ketua DPR itu mendatangi rumah dinas Wapres Ma'ruf Amin di Menteng, Jakarta, 15 Mei 2023.

 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin mengaku melakukan safari politik guna meminta masukan para wapres menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kepada para Wapres, Cak Imin meminta saran dan kiat-kiat menjadi wapres.

 

Kepada Kiai Ma'ruf, Cak Imin juga meminta doa untuk mengikuti para jejak wapres. Dia bahkan mengklaim Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendukung dirinya menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024.

 

"Kiai Ma'ruf Amin alhamdulillah memberikan support, spiritual doa, dan dukungan insya Allah sebagai senior PKB," ujarnya.

 

"Iya pasti mendukung (Cak Imin). Beliau bilang sudah waktunya kamu sekarang (jadi Wapres)," tambahnya.    

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement