Sabtu 13 May 2023 11:06 WIB

Sungailiat Gelar Sport Tourism Triathlon, Diharap Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

Sungailiat Gelar Sport Tourism Triathlon digelar di objek wisata Tanjung Pesona.

Pembukaan Sungailiat Triathlon (lomba renang, balap sepeda, dan lari) 2023 di kawasan objek wisata Tanjung Pesona Beach and Resort, Sabtu (13/05/2023).
Foto: Pemerintah Kabupaten Bangka Belitung
Pembukaan Sungailiat Triathlon (lomba renang, balap sepeda, dan lari) 2023 di kawasan objek wisata Tanjung Pesona Beach and Resort, Sabtu (13/05/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, mendampingi Mentari Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno membuka secara resmi Sungailiat Triathlon (lomba renang, balap sepeda, dan lari) 2023. Lomba tersebut digelar di kawasan objek wisata Tanjung Pesona Beach and Resort, Sabtu (13/5/2023) pukul 06.00 WIB. 

Event sport tourism triathlon pada kali ini bertajuk "Reunion And Welcome New Participants" yang melombakan tiga kategori meliputi sprint open distance dan sprint local distance dengan jarak renang 750 m, sepeda 20 km, dan lari sejauh 5 km. standart distance dengan jarak renang 1,5 km, sepeda 40 km dan lari 10 km serta, long distance dengan jarak renang 1,9 km, sepeda 90 km, lari 20 km. Sedangkan kategori umur, meliputi usia 20 sampai 30 tahun, 31 sampai 40 tahun, serta usia di atas 50 tahun. 

Baca Juga

"Kami ucapkan terima kasih atas peserta. Thank you so much for supporting tourism, for Bangka Belitung. Have a nice race. Dengan mengucapkan Bismilahirrahmanirrahim, saya nyatakan Sungailiat Triathlon 2023 dibuka," kata Sandi kepada para peserta yang tidak hanya berasal dari lokal Indonesia tetapi juga mancanegara. 

Dimulai dari kategori long distance dengan jarak renang 1,9 km, bendera start diangkat oleh Pj Gubernur Suganda. Dilanjutkan dengan Sandi yang mengangkat bendera start untuk kategori standart distance dengan jarak renang 1,5 km, dan Bupati Mulkan angkatkan bendera start untuk kategori sprint local distance dengan jarak renang 750 m, tampak di antaranya Sandi turut menjadi peserta kategori ini. 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, mendampingi Mentari Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno membuka secara resmi Sungailiat Triathlon (lomba renang, balap sepeda, dan lari) 2023. - (Pemkab Babel)

 

Berdampak luas 

Didampingi sang Istri Maya Suganda Pasaribu, Pj Gubernur Suganda pada kesempatan ini mengatakan, kegiatan seperti ini sangat menggeliatkan pariwisata melalui ajang olahraga. "Kita bisa mempromosikan pariwisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya. 

Dirinya berharap, ajang seperti ini dapat dilakukan pula oleh kabupaten/kota lain di Babel karena dampaknya yang luas. "Mudah-mudahan ini tidak hanya di Kabupaten Bangka, tetapi juga kabupaten/kota lain yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga ini akan berdampak sangat luas untuk mempromosikan pariwisata yang ada di provinsi ini," kata Pj Gubernur Suganda. 

Hadir mendampingi Pj Gubernur Babel, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Babel Widya Kemala Sari, menjelaskan bahwa event ini murni diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masuk dalam Rencana Event Nasional (REN) Kementerian Parekraf RI. Dia mengatakan, acara ini sempat tertunda hingga dua tahun dikarenakan Covid-19. 

"Sudah lama kita tidak melihat bule-bule berkunjung setelah Covid-19. Kami harapkan setelah event-event seperti ini, kunjungan wisatawan mancanegara meningkat," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement