Jumat 12 May 2023 19:04 WIB

Menhan Prabowo Bertemu KSAD Amerika Serikat Bahas Kerja Sama Pendidikan

Pertama kali dalam sejarah, taruna dan kadet TNI menempuh pendidikan di akademi AS.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
 Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) AS, Jenderal James Charles McConville berbincang dengan Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) AS, Jenderal James Charles McConville berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Amerika Serikat Jenderal James Charles McConville di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jumat (12/5/2023). Pada pertemuan itu, keduanya membahas kerja sama, terutama dalam bidang pendidikan dan pertukaran personel militer.

"Jadi ini melanjutkan kunjungan yang sudah baik, sebagaimana diketahui hubungan kita dengan tentara AS selama ini berjalan dengan sangat baik. Kerja samanya puluhan tahun dan kita sepakat untuk melanjutkan kerja sama ini. Hubungan ini tentunya di bidang pendidikan, pelatihan, pertukaran personel," kata Prabowo di gedung Kemenhan, Jakarta Pusat, Jumat.

Prabowo mengatakan, saat ini, banyak taruna maupun kadet TNI yang menempuh pendidikan di beberapa akademi militer Amerika Serikat. Di antaranya, Akademi Militer di Westpoint, Akademi Angkatan Laut di Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS di Colorado Springs. "Ini sesuatu terobosan pertama kali dalam sejarah kita punya kadet-kadet kita diterima di akademi (militer) AS," ungkap Prabowo.

Dia menyebut, dalam pertemuan tersebut, kedua negara sepakat untuk melanjutkan kerja sama yang telah terjalin. Bahkan, menurut Prabowo, Amerika Serikat juga memenuhi usulan Indonesia untuk menambah kuota personel TNI yang bakal menempuh pendidikan di negara tersebut.

"Iya, iya kita selalu berusaha untuk tambah kuota, dan juga alhamdulillah, mereka (Amerika Serikat) penuhi dan kita juga memikirkan untuk tambah beasiswa dari anak-anak kita ke sana," jelas Prabowo.

Jenderal James Charles McConville mengatakan, pihaknya memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan melalui berbagai kerja sama. Menurut dia, sinergisitas antara Amerika Serikat dan Indonesia yang sudah terjalin selama ini sangat kuat. "Kami juga menantikan untuk melanjutkan kerja sama di kemudian hari," ujar McConville.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement